Find Us On Social Media :

Pesawat F-16 Milik TNI AU Mengalami Kecelakaan di Pekanbaru, Pilot Selamat dan Tidak Ada Luka

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 15 Maret 2017 | 06:40 WIB

Pesawat F-16 milik TNI AU yang kecelakaan di Pekanbaru

Intisari-Online.com - Diduga karena mengalami kegagalan saat mengerem, pesawat F-16 milik TNI AU mengalami kecelakaan di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Selasa (14/3) WIB. Pesawat ini tergelincir di ujung runway 18 setelah mendarat darurat dari runway 36.

Tak berselang lama, sejumlah mobil pemadam kebakaran milik bandara dan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin langsung dikerahkan menuju lokasi tergelincirnya pesawat. Kondisi pilot, Myr PnB Andri dan Lettu PnB Marko, sendiri dalam keadaan selamat dan tidak terluka apa pun.

Terkait tergelincirnya pesawat ini, berikut penjelasan resmi dari Kadispen TNI AU Marsekal Pertama TNI Jemi Trisonjaya:

  1. Pada Selasa 14 Mar 2017 Pkl 17.25 WIB di Ujung RW 18 Lanud Rusmin Nuryadin pekanbaru telah terjadi insiden over run Pesawat F 16/TS 1603/krn brake malfunction setelah pesawat landing dr Runway 36.
  2. Kondisi penerbang Myr Pnb Andri (jabatan kasiops) dan Lettu Pnb Marko (siswa konversi) dalam keadaan selamat & tdk terluka.
  3. Pesawat sedang di evakuasi utk di tarik ke Hanggar Skadron 16.
  4. Demikian info insiden pesawat F 16 yg terjadi di Lanud RSN pekanbaru.

Dua pendaratan dialihkan

Disampaikan Officer In Charge (OIC) Bandara SSK II Pekanbaru, Bambang Setiawan, setidaknya ada dua pesawat yang akan mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru terpaksa dialihkan.

Dua penerbangan tersebut yakni maskapai Garuda Indonesia dan Lion Air.

“Maskapai Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 178 dari Jakarta divert (dialihkan) ke Bandara Internasional Minang Kabau," katanya. “Sedangkan maskapai Lion Air dengan nomor penerbangan JT 295 harus Return to Base (kembali ke bandara asal) yakni ke Kuala Namu.”