Find Us On Social Media :

Inilah yang Bisa Dilakukan Commuter Trucker si Jaket Pintar Google-Levi’s yang Dijual Rp4,6 Juta

By Moh. Habib Asyhad, Selasa, 14 Maret 2017 | 12:40 WIB

Commuter Trucker si jaket pintar

Intisari-Online.com - Belum lama ini, Google dan Levi’s mengeluarkan sebuah jaket pintar yang dibanderol seharga Rp4,6 juta. Kabarnya, jaket pintar ini bisa dikendalikan menggunakan smartphone. Sangat menarik, apa yang bisa dilakukan jaket pintar Google-Levi’s ini?

(Ingin Beli Smartphone Asus yang Paling Pas Buat Kamu? Simak Panduan Ini)

Jaket ini, oleh Levi’s disebut dengan Commuter Trucker. Di bagian lengan kiri jaket tersebut terdapat sebuah panel sentuh tipe kapasitif, yang bisa merespon perintah berupa ketukan atau usapan di permukaanya.

Panel sentuh di lengan itu memiliki baterai yang dapat diisi ulang. Menurut Leader of Project Jacquard di Google, Ivan Poupyrev, baterai itu bisa bertahan selama dua hari dalam sekali pengisian.

(Google dan Levis Bikin Jaket Pintar, 'Tombol'-nya Mulai dari Kain Hingga Kancing)

Sebelumnya, pemilik jaket ini mesti mengunduh sebuah aplikasi di smartphone agar bisa menyambungkan panel dengan smartphone, sekaligus memanfaatkan berbagai fitur. Misalnya untuk mengatur bahwa dua ketukan di panel sentuh berarti perintah untuk menyalakan aplikasi musik.

Panel sentuh tersebut hanya bisa dipakai menjalankan aplikasi tertentu di smartphone. Di antaranya adalah memulai atau menghentikan aplikasi musik, menjawab panggilan telepon, membaca pesan teks, serta menjalankan aplikasi Google Maps dan Calendar.

Simak video berikut:

“Kami sedang berusaha mengembangkan jaket pintar ini lebih jauh. Harapannya, pengguna bisa memasang berbagai aplikasi pihak ketiga ke platform jaket pintar sehingga mereka memperoleh fitur yang lebih kaya,” ujar Google.

Yang perlu diingat, hanya smartphone berbasis Android yang dapat dengan lancar terhubung ke panel sentuh di jaket tersebut. Jaket ini sempat dipamerkan oleh Google pada konferensi I/O tahun lalu dan diresmikan pada ajang SXSW 2017 ini.

Seperti disebut di awal, Levi’s berencana menjual jaket Commuter Trucker ini seharga 350 dolar AS atau sektitar Rp4,6 juta. Tersedia pilihan untuk pria juga untuk wanita.