Find Us On Social Media :

Jika Ingin Tidurmu Nyenyak, Tinggalkan Lima Hal Ini Sebelum Menginjakkan Kaki di Atas Kasur

By Lintang Bestari, Minggu, 12 Maret 2017 | 18:20 WIB

Memainkan smartphone di atas kasur membuat kita sulit tidur

Intisari-Online.Com – Pernahkah Anda bangun di pagi hari dan merasa belum cukup tidur? Menurut studi yang dialkukan CDC, satu dari tiga warga Amerika Serikat tidak mendapatkan waktu tidur yang nyenyak National Sleep Foundation merekomendasikan kita untuk tidur selama tujuh jam atau lebih setiap malamnya.

Sayangnya, kesalahan yang kita buat menghalangi tidur lebih nyenyak. Oleh sebab itu, jika sudah berada di atas kasur, tinggalkan kelima hal ini:

Alkohol

Menenggak alkohol di malam hari memangvterasa menyenangkan, namun hal itu bisa mengganggu kualitas tidur kita. Berdasarkan studi yang dilakukan pada Januari 2015 oleh peneliti dari University of Melbourne’s Sleep Research, minum alkohol bisa membuat kita tidur lebih cepat. Namun, efek alkohol akan membuat kita terbangun di malam hari dan mengganggu kualitas tidur.

Tablet atau Smartphone

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cahaya yang dikeluarkan dari alat elektronik seperti tablet atau smartphone bisa mengganggu jam sirkadian dan berdampak pada kesehatan tubuh serta konsentrasi kita di siang hari.

Kafein

Untuk yang satu ini, sepertinya Anda sudah mengetahuinya – Anda tidak boleh mengonsumsi kopi sebelum tidur. Pada studi yang dilakukan peneliti dati University of Colorado, memimum double espresso tiga jam sebelum tidur menyebabkan 40 menit keterlambatan jam tidur para partisipan. Penelitian lain menganjurkan kita untuk berhenti minum kopi setidaknya enam jam sebelum tidur. Pastikan kopi Anda di siang hari merupakan yang terakhir dikonsumsi.

Media sosial

Kecanduan kita pada Instagram bisa mempengaruhi kualitas tidur. Para peneliti dari University of Pittsburgh School of Medicine menemukan fakta bahwa dewasa muda (berusia 19 hingga 32 tahun) yang menghabiskan banyak waktunya di media sosial, memiliki gangguan tidur dua kali lebih besar dibanding mereka yang tidak.

Camilan penuh lemak jenuh dan gula

Sebuah studi pada 2016 dari American Academy of Sleep Medicine menunjukkan bahwa konsumsi lemak jenuh dan gula berkaitan dengan tidur yang tidak nyenyak. Lalu, camilan apa yang bisa meningkatkan kualitas tidur kita? Jawabannya adalah makanan yang kaya serat.

Itulah beberapa hal yang harus kita tinggalkan sebelum menginjakkan kaki di atas kasur agar tidur lebih nyenyak.