Find Us On Social Media :

Setelah Berabad-abad, Akhirnya Para Peneliti Temukan Organ Baru pada Tubuh Manusia

By Lila Nathania, Minggu, 12 Maret 2017 | 10:20 WIB

Organ baru mesentery

Intisari-Online.com - Ribuan penelitian sudah dilakukan, namun rupanya tubuh kita sendiri pun belum kita pahami seutuhnya. Dalam salah satu penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam The Lancet Gastroenterology & Hepatology, para ahli telah berhasil menemukan satu organ baru yang belum pernah diklasifikasikan sebelumnya.

(Siapa Sangka, Makan Es Krim ketika Sarapan Bagus untuk Kesehatan Mental dan Kewaspadaan)

Organ ini terletak di dalam perut kita dan disebut mesentery. Arti dari mesentery sendiri adalah 'in the middle of the intestines' alias 'di tengah-tengah usus'. Seperti namanya, organ ini terletak di dalam pusat sistem pencernaan kita.

Sebenarnya organ ini sudah pernah dideskripsikan oleh Leonardo da Vinci, namun, hingga tahun 2012, organ misterius ini dianggap merupakan struktur terpisah yang membantu usus bisa tetap melekat pada dinding abdomen.

(Ginjal TKI Sri Rabitah Diduga Dicuri oleh Sindikat Penjualan Organ Tubuh)

Tim ahli dari University of Limerick kemudian meneliti organ mesentery ini dengan mikroskop. Mereka menemukan fakta bahwa struktur organ ini terhubung dengan keseluruhan struktur usus. Jadi, ini bisa dikategorikan sebagai organ tersendiri.

Organ ini sendiri sudah dianggap sebagai organ baru sejak tahun 2012 di kalangan mahasiswa kedokteran. Walau begitu, kebanyakan masyarakat luas belum mengetahui keberadaan organ baru ini.  Setelah mengetahui keberadaan organ ini, yang akan dilakukan peneliti adalah mencari tahu apa fungsinya. Jika fungsi mesentery sudah ditemukan, maka bisa dilihat apakah jika ada disfungsi organ ini, kita akan mengalami penyakit tertentu.