Find Us On Social Media :

Kapolri: Anggota Polisis Tidak Boleh Gendut-gendut

By Ade Sulaeman, Jumat, 10 Maret 2017 | 13:30 WIB

Ilustrasi: Polisi gendut di Kota Kediri, Jawa Timur diwajibkan menurunkan berat badannya, Rabu (26/9/2012).

Intisari-Online.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, setiap anggota Polri wajib mempunyai kemampuan bela diri tangan kosong dan postur tubuh yang ideal.

(Siapa Sangka, Makan Es Krim ketika Sarapan Bagus untuk Kesehatan Mental dan Kewaspadaan)

Pasalnya, menurut Tito, tugas polisi adalah melawan kejahatan, bukan orangnya, sehingga dalam setiap menangani kejahatan, pelaku diupayakan untuk dilumpuhkan bukan dimatikan.

Hal itu dikatakan Tito saat membuka Kejuaraan Nasional Karate Institut Karate-Do Nasional (Inkanas) Piala Kapolri VII 2017 yang digelar di GOR Pandanaran, Wujil, Kabupaten Semarang, Kamis (9/3/2017).

(Saat Jokowi, Kapolri dan Panglima TNI “Melawan” para Wartawan Istana)

Tito mengatakan, karate mempunyai arti yang sangat banyak bagi Polri, tidak semata-mata untuk prestasi saja, melainkan juga untuk membentuk jiwa disiplin. Kemampuan beladiri bagi anggota Polri penting untuk memperkuat kemampuan penggunaan kekuatan tangan kosong dan senjata tidak mematikan dalam melumpuhkan pelaku kejahatan.

"Jadi kalau tidak perlu, tidak perlu digunakan kekuatan yang mematikan. Jangan sampai orang baru mabuk sedikit, terus ditembak mati, kasus nantinya. Orang yang mabuk lumpuhkan dengan karate, jadi tidak perlu diperiksa oleh Komnas HAM lagi," ujarnya.

Menurut Tito, penggunaan bela diri tangan kosong dan penggunaan senjata tidak mematikan diakui belum tersosialisasi dengan baik di lingkungan kepolisian. Ia berharap para anggotanya agar terus meningkatkan kemampuan tersebut.

"Setiap anggota Polri diwajikan untuk meningkatkan kesamaptaan dan bela diri, tujuannya adalah agar kemampuan mereka bisa melumpuhkan tanpa mematikan. Jadi pengggunaan senjata digunakan pada saat yang sangat penting sekali ketika ada ancaman terhadap petugas maupun masyarakat," tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Tito juga menegaskan agar anggotanya tidak kelebihan berat badan karena akan sulit bergerak jika harus melumpuhkan pelaku kejahatan. Tak boleh ada polisi gendut.

"Anggota polisi tidak boleh gendut-gendut. Kalau gendut tidak bisa mengejar tersangka lari. Semua harus ramping agar bisa kejar tersangka. Jangan tembak dulu," pungkasnya.

(Syahrul Munir)