Find Us On Social Media :

Lewat 5 Langkah Ini, Kita Tak Perlu Ribet untuk Obati Telapak Kaki yang Pecah-Pecah

By Ilham Pradipta M., Kamis, 9 Maret 2017 | 19:00 WIB

Inilah Cara Merawat Tumit agar Tidak Pecah-pecah

Intisari-Online.com – Kita mungkin kerap menyepelekan kesehatan telapak kaki. Seharusnya, anggota tubuh yang telah berjasa membawa kita ke banyak tempat itu juga harus di jaga kesehatannya.  Sebab kalau kaki sudah “mengeluh”, barulah ia mendapat perhatian. Nah, salah satu keluhan yang sering muncul ada kulit pecah-pecah.

(Pengobatan Alami untuk Tumit Pecah-pecah)

Ada dua hal penyebab telapak kaki, yakni internal dan eksternal. Faktor internal, di antaranya usia dan gangguan hormonal. Seiring bertambahnya usia, membuat kondisi tubuh seseorang  mengalami penurunan kualitas, termasuk kaki, sehingga rentan mengalami berbagai permasalahan. 

Sedangkan faktor eksternal, seperti perubahan cuaca yang drastis dan pemakaian sabun atau deterjen. Kandungan deterjen menyebabkan kulit kaki kehilangan kelembapannya dalam jumlah besar, sehingga membuatnya jadi sangat kering dan akhirnya pecah-pecah.

(Perawatan di Rumah untuk Tumit Pecah-pecah)

Makanya, usahakan untuk menggunakan alas kaki saat mencuci atau membersihkan lantai. Lalu, bagaimana cara mencegah dan mengatasi telapak kaki pecah-pecah?

1. Jangan malas bersihkan kaki sebelum tidur 

Sebelum terlelap, cucilah kaki menggunakan sabun. Khususnya di dearah kulit yang pecah-pecah. Lalu, sikatlah dengan sikat berbulu lunak. Gerakan menyikat usahakan searah dengan keretakan permukaan kulit.

2. Bilas hingga bersih 

Setelah disikat, bilas telapak kaki dengan air hingga bersih. Bersihkan juga kotoran berupa garis-garis berwarna hitam yang ada pada retakan kulit.

3. Keringkan 

Gunakan handuk untuk melap kaki hingga betul-betul kering.