Find Us On Social Media :

Betapa Malang Nasibnya, Balita ini Malah Terinfeksi HIV Sepulang dari Rumah Sakit

By Masrurroh Ummu Kulsum, Minggu, 29 Juli 2018 | 16:45 WIB

Intisari-Online.com - Otoritas kesehatan terkemuka di Tiongkok telah menyelidiki bagaimana anak usia dua tahun malah terinfeksi HIV saat ia dirawat di rumah sakit.

Anak malang ini mulanya berada di rumah sakit karena ada apel yang tersumbat di tenggorokannya.

Namun, setelah menjalani perawatan intensif selama enam minggu, ia malah terinfeksi virus mematikan tersebut.

Insiden tersebut dimulai sejak akhir tahun lalu ketika bocah itu dibawa ke Rumah Sakit Ibu dan Anak Kesehatan Guiyang di Guiyang, ibukota provinsi selatan Guizhou.

BACA JUGA:Ditaburkan Sebanyak Setengah Ton di Atas Kali Item, Apa Itu Bubuk DeoGone yang Diklaim Ampuh Membasmi Bau?

“Ketika kami membawa putra kami ke rumah sakit, perawatan [awal] berlangsung selama sekitar satu jam,” ujar ibu dari anak laki-laki tersebut, Tang.

"Kemudian dokter memberi tahu kami bahwa dia harus dirawat di unit perawatan intensif."

Tidak ada tanggapan apa pun dari rumah sakit atau staf medis untuk menjelaskan sifat masalah awal atau alasan yang dianggap perlu bagi anak untuk dikirim ke perawatan intensif.

Namun, otoritas kesehatan kota mengeluarkan pernyataan pada hari Jumat (27/7), mengatakan bahwa ketika anak itu dirawat di rumah sakit anak tersebut mulai berbagai gejala.

"Mengalami kesulitan bernapas dan dalam kondisi kritis, jadi dia dibawa ke ICU dan dirawat selama 25 hari" ujar seorang sumber.

Tang mengatakan bahwa selama periode itu, serta menjalani tes rutin dan menjalani endoskopi, putranya diberi transfusi darah.

"Putraku juga menjalani tes darah saat dia di rumah sakit ... tapi dia tidak dites positif HIV," kata Tang lagi.

Hanya sehari setelah membawa anak mereka kembali ke rumah, Tang dan suaminya menyadari dia masih tidak sehat, jadi membawanya kembali ke rumah sakit, kata laporan itu.