Find Us On Social Media :

WikiLeaks: CIA Gunakan TV, Smartphone, dan Mobil Untuk Memata-matai Kita

By Mentari Desiani Pramudita, Kamis, 9 Maret 2017 | 12:33 WIB

Menurut WikiLeaks, CIA Gunakan TV, Smartphone, dan Mobil Untuk Memata-matai Kita.

Intisari-Online.com- Central Intelligence Agency atau yang akrab disebut CIA, sekarang memiliki perangkat peretasan yang bisa mengawasi langsung rumah-rumah dan orang-orang di seluruh dunia. Menurut dokumen WikiLeaks, televisi, smartphone, dan perangkat lunak anti-virusnya bisa diretas CIA.

Dilansir dari washingtonpost.com, kemampuan perangkat ini termasuk rekaman suara, gambar, teks pesan pribadi, bahkan aplikasi yang terenskripsi untuk berkomunikasi lainnya.

(Rahasia HABRINK/1, Agen CIA dari Indonesia untuk Memata-matai Sistem Alutsista Uni Soviet)

Contohnya, dalam kasus alat yang disebut “Weeping Angel” berarti untuk menyerang Samsung SmartTV. WikiLeaks menulis jika pemilik percaya jika TVnya mati karena ada masalah teknis. Tapi bukan. Ada sistem di dalam mode TV yang beroperasi sebagau bug (rekaman percakapan). Setelah itu terkitim ke server rahasia CIA.

Tidak hanya itu, CIA juga telah mempelajari apakah bisa meretas sistem kontrol kendaran seperti mobil dan truk. Dan WikiLeaks percaya jika CIA mampu melakukannya.

Dari unit CIA khusus yang disebut Mobile Devices, ini cabang yang mengendalikan dan mencuri informasi dari iPhone. Sebab rata-rata elit politik dan pebisnis dunia menggunakan iPhone sebagai smartphone populer.

(Menyeramkan! Pesawat Kiriman CIA Ini Sering Terbang di Langit Indonesia Tanpa Pernah Terdeteksi)

Tim The Washington Post mengaku tidak mendapat konfirmasi dari CIA. Termasuk 8.761 dokumen yang telah dirilis WikiLeaks.

WikiLeaks sendiri ialah media massa internaisonal yang mengungkapan dokumen-dokumen rahasia negara dan perusahaan kepada publik melalui situs webnya. Organisasi ini bermarkas di Stockholm, Swedia.