Find Us On Social Media :

Hampir Seluas 300 km, Inilah 10 Kawah Meteor Terbesar di Bumi

By Mentari Desiani Pramudita, Selasa, 28 Februari 2017 | 18:00 WIB

Kawah Woodleigh.

Intisari-Online.com- Meteor adalah penampakan jatuhnya meteoroid ke atmosfer Bumi. Beberapa menyebutnya bintang jatuh. Jika sampai menyentuh permukaan Bumi, maka akan terbentuk sebuah kawah. Berbeda dengan kawah gunung berapi, kawah meteor ini berbentuk seperti mangkuk besar.

Berikut 10 kawah meteor terbesar yang pernah ada di Bumi seperti dikutip dari news.nationalgeographic.com.

(Kawah Ijen, Salah Satu Gunung Berapi Eksotis di Indonesia

1. Kawah Vredefort

Kawah Vredefort merupakan kawah meteor terbesar yang ada di Bumi. Diameter ukurannya lebih dari 300 km dan telah berusia kurang lebih empat juta tahun yang lalu. Letaknya berada di Free State, Afrika Selatan dan dinamai kota Vredefort. Tahun 2005 kawah Vredefort masuk ke dalam Situs Warisan Dunia milik UNESCO.

2. Cekungan Sudbury

Kawah Sudbury Basin terletak di Kanada Shield, Greater Sudburry, Ontario. Kawah ini terbentuk dari dampak superbenua Nuna. Diameternya sekitar 130 km dan terjadi 1.849 juta tahun yang lalu pada era paleoproterozoikum. Diperkirakan ini dampak dari meteoroid yang jatuh 1,8 miliar tahun yang lalu.

(Kawah Wurung, Tetangga Kawah Ijen yang Tak Kalah Menakjubkan)

3. Kawah Acraman

Kawah meteor terbesar ketiga berada di Australia Selatan. Diperkirakaan kawab Acraman ini dampak dari meteoroid yang jatuh 580 juta tahun yang lalu. Diameternya mencapai 90 km dan sekarang orang-orang menyebutnya Danau Acraman.

4. Kawah Woodleigh

Ini adalah meteor terbesar di Australia. Letaknya ada di Woodleigh Station Timur, Shark Bay, Gascoyne, Australia Barat. Menurut survei dari Geologi Australia Barat dan Australian National University, perkiraan meteoroid ini jatuh 364 tahun yang lalu. Diameternya antara 40 smapai 120 km.