Find Us On Social Media :

Meski Tak Sempurna, Vas Bunga Cantik dari China yang Dibanderol Rp30 Juta Ini Laku Rp13 Miliar

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 1 Maret 2017 | 08:00 WIB

Vas bunga cantik dari China

Intisari-Online.com - Sebuah vas bunga cantik dari China yang awalnya hanya dibanderol Rp30 juta, akhirnya terjual dengan harga Rp13,5 miliar. Meski beberapa pengulas menyebutnya kurang sempurna, vas ini nyatanya menjadi rebutan para pengunjung acara lelang di Birmingham, Inggris.

(Vas Pecah ini Dijahit dengan Menggunakan Benang Emas dan Hasilnya Justru Lebih Indah dari Aslinya)

Auctioneers Fellows, yang sudah berdiri sejak 1876, penjualan pot setinggi 14 inci—dihiasi dengan ikan mas kecil dan bunga lotus—telah memecahkan rekor seluruh penjualan yang pernah terjadi di rumah lelang itu.

Mark Huddleston, spesialis senior di rumah lelang itu, mengatakan bahwa sudah banyak vas porselen serupa yang terjual di rumah lelang itu. Sebagian besar, menurut Mark, bahkan punya motif dekorasi yang lebih indah dibanding vas satu ini.

Oleh sebab itu, pihak pelelangan memulai penjualan vas itu pada angka … Rp16,5 juta. Tak lama kemudian ratusan penawar justru menaikkan tawarannya, sehingga harga vas itu menjadi semakin tak terkontrol.

“Yang paling memuaskan adalah bahwa sejumlah penawar langsung datang ke ruang pelelangan, melihat vas itu langsung dengan mata kepalanya sendiri. Salah satu penawar bahkan langsung dari terbang dari Jepang dan punya sejumlah koleksi yang sama dengan vas itu,” ujar Mark.

Di luar itu, sebenarnya ada banyak catatan terkait vas bunga yang didominasi warna putih itu. Di antaranya, ada beberapa enamel yang hilang pada vas itu terutama di sekitar bagian bahu, adanya beberapa bercak bekas pembakaran, dan beberapa bagian warnanya mulai memudar.