Find Us On Social Media :

(Video) Aksi Dramatis Pilot F-15 Eagle Israel Mendaratkan Jet dengan Satu Sayap Usai Tabrakan

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 26 Juli 2018 | 13:00 WIB

Intisari-Online.com- F-15 Eagle adalah salah satu legendaris di dunia tempur udara dan bahkan dapat bertahan dari kerusakan serius.

Seperti yang ditunjukkan oleh insiden yang sangat terkenal pada tahun 1983.

Pada waku itu di langit Nahal Tzin di gurun Negev, Israel, sedang dilakukan simulasi tempur antara dua F-15D Angkatan Udara Israel dan empat A-4NS.

Kemudian salah satu F-15D dengan nomor 957 yang dipiloti oleh pilot baru bernama Zivi Nedivi, bertabrakan dengan salah satu Skyhawks.

Baca Juga: Gagah Berani! Raja Viking Herlaug Pilih Dikubur Hidup-hidup Daripada Dipecundangi Musuh

Setelah tabrakan itu, Zivi tidak segera menyadari apa yang ssebenarnya telah terjadi.

Dia merasakan sentakan luar biasa hebat dan juga melihat ledakan bola api besar dan diikuti oleh komunikasi radio yang mengatakan bahwa pilot Skyhawk telah berhasil keluar dari jet.

Kemudian Zivi menyadari F-15 telah rusak parah saat jet mulai jatuh berputar-putar dengan kebocoran bahan bakar besar dari sayap kanannya.

Setelah mampu menstabilkan jet, Zivi diperintahkan untuk dari pesawat.

Baca Juga: Inilah Rumah Tanpa Kayu yang Harganya Rp75 Juta Cuma Perlu 7 Hari Membangunnya, Berminat?

Namun dia menolak perintah itu karena yakin dapat mendaratkan pesawat di lapangan udara terdekat berjarak sekitar 16 km.

Zivi memutuskan untuk menyalakan afterburner agar dapat segera meluncur dengan cepat dan entah bagaimana mengendalikan F-15 sekali lagi.

Begitu ia mencapai pangkalan udara, ia menurunkan kait ekor dan mendarat dengan kecepatan sekitar 260 knot (dua kali lipat dari kecepatan standar).