Find Us On Social Media :

Ingat! Sama Seperti Kita, Binatang Juga Tahu Ketika Mereka Tidak Diperlakukan dengan Adil

By Lila Nathania, Sabtu, 25 Februari 2017 | 18:07 WIB

Monyet yang diperlakukan dengan tidak adil

Intisari-Online.com – Kemampuan untuk menilai keadilan selama ini dianggap hanya dimiliki oleh manusia. Kita juga paham akan makna balas budi atau melindungi keluarga yang ktia sayangi. Hal-hal semacam ini biasanya kita anggap tidak pernah dirasakan oleh binatang.

(Sebelum Sarapan, Baiknya Mengonsumsi Minuman Ini Supaya Racun dalam Tubuh Kita Hilang)

Faktanya, sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa binatang juga bisa merasakan keadilan. Tes ini dilakukan pada monyet cokelat capuchin. Ada dua monyet yang ditaruh dalam kandang bersebelahan. Mereka masing-masing diberi semacam token yang bisa dipakai untuk ‘membeli’ makanna.

Satu monyet diberi timun setiap kali ia memberikan token. Sedangkan monyet di sebelahnya diberi anggur tiap memberikan token. Monyet cokelat capuchin sendiri lebih menyukai anggur ketimbang timun. Ketika melihat bahwa temannya diberi anggur dan dirinya hanya diberi timun, monyet yang hanya diberi timun ini kemudian marah-marah dan melempar timun tersebut pada pemberinya.

(Penjara Unik ini Mewajibkan Semua Tahanannya Menjadi Penjaga Kebun Binatang yang Berisi Hewan Terlantar)

Tak hanya begitu, monyet cokelat capuchin juga memahami keadilan yang lebih kompleks. Mereka awalnya disuruh melakukan suatu pekerjaan untuk mendapatkan hadiah. Mereka mau melakukannya demi hadiah itu. Namun, saat mereka melihat ada monyet lain yang diberi hadiah tanpa perlu melakukan apa-apa, monyet yang tadinya mau bekerja ini langsung tidak mau bekerja lagi.

Bukan hanya monyet cokelat capuchin, perilaku semacam ini juga terlihat pada sejumlah primata lain. Selain primata, hewan yang juga memiliki rasa akan keadilan ini adalah anjing dan tikus.