Find Us On Social Media :

Ini 10 Fakta Unik di Balik Nutella yang Fenomenal Itu

By Tika Anggreni Purba, Rabu, 8 Februari 2017 | 19:03 WIB

Milliarder Pendiri Nutella Michele Ferreo Meninggal Dunia di Hari Valentine

Intisari-online.com - Siapa yang tidak kenal selai cokelat fenomenal yang bernama Nutella? Tidak hanya di Indonesia, produk ini dijual di berbagai negara. Kabarnya satu toples Nutella terjual setiap 2,5 detik di seluruh dunia.

Karena Nutella merupakan produk yang disukai sejuta umat, tidak heran kalau banyak yang penasaran tentang rahasia dan fakta menarik tentangnya. Apa saja?

(Mengintip Bisnis Cokelat yang Semakin Manis ketika Valentine)

1. Jumlah produksi Nutella setiap tahunnya bisa digunakan untuk mengelilingi bumi

Dikabarkan produksi Nutella setiap tahun bisa digunakan untuk mengoles Tembok Besar/Raksasa di Tiongkok sebanyak delapan kali. Bahkan produksi Nutella setiap tahunnya sama beratnya dengan gedung Empire State yang memiliki 102 lantai di Manhattan, AS.

2. Napoleon Bonaparte turut andil dalam rasa orisinil Nutella

Napoleon dianggap berperan penting dalam penyatuan rasa hazelnut dan cokelat. Pada tahun 1806, saat peperangan terjadi, blokade kontinental menyebabkan kekurangan cokelat. Akibatnya pembuat kue di Turin Italia yang masih membutuhkan cokelat menggunakan hazelnut untuk menekan harga. Di situlah perpaduan rasa orisinil Nutella dimulai.

3. Nutella diproduksi karena kekurangan kokoa

Nutella diciptakan karena selama Perang Dunia II, pembuat kue Italia Pietro Ferrero menggantikan cokelat dengan hazelnut. Di sinilah selai Nutella lahir dengan nama Pasta Gianduja pada tahun 1946 dan berubah nama menjadi Nutella pada tahun 1964.

(Milliarder Pendiri Nutella Michele Ferreo Meninggal Dunia di Hari Valentine)

4. Nutella tadinya dijual dalam bentuk roti

Nutella awalnya dijual dalam bentuk roti saat masih bernama Gianduja. Tidak berbentuk selai/krim seperti yang kita kenal sekarang. Nutella tadinya dipotong-potong seperti roti. Namun tahun 1951, Gianduja semakin berkembang dan cokelat-hazelnut menjadi terkenal.