Find Us On Social Media :

SBY Kelelahan: Kenali 10 Penyebab Umum Kelelahan Berikut Cara Mengatasinya

By Ade Sulaeman, Kamis, 19 Juli 2018 | 12:30 WIB

Intisari-Online.com - Mantan Presiden Indonesia sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) harus mendapatkan perawatan dan beristirahat total selama 4 hari di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, sejak Rabu (18/7/2018).

Perawatan tersebut harus dijalani SBY karena kelelahan yang dideranya setelah berkeliling pulau Jawa, sebagian dalam rangka Pilkada yang diadakan serentak pada Juni lalu.

Pada dasarnya, tidak hanya seorang SBY yang dapat mengalami kelelahan, bahkan hingga dirawat di rumah sakit.

Setiap orang memiliki peluang yang sama untuk mengalaminya, tentunya dengan berbagai alasan yang berbeda.

Baca juga: Anak Kembar 3 Tahun Ini Dikurung dalam Lemari agar Orangtuanya Bisa Bekerja

Namun, secara umum, ada 10 penyebab kelelahan, seperti dipaparkan dalam artikel berjudul "10 Penyebab Kelelahan dan Cara Mengatasinya" yang tayang di kompas.com berikut ini.

--

Fatigue atau rasa lelah yang amat sangat sebenarnya bukan sesuatu yang asing. Setiap orang pasti pernah mengalami, hanya kadang tidak menyadari apa yang jadi penyebabnya.

Dalam tulisan ini ini, dibeberkan apa saja penyebab kelelahan tersebut dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga berguna.

Baca juga: Insiden Bendera Zohri: Meski Mirip, Ada Perbedaan Antara Bendera Indonesia, Monako, dan Polandia yang Dibalik, Lo!

1) Tidak cukup tidur

Sepertinya sudah lazim, kurang tidur memengaruhi konsentrasi dan kesehatan. Rasa lelah juga akan muncul jika tubuh mengalami kesulitan tidur.

Cara mengatasi : buatlah tidur sebagai prioritas dan tetapkan jadwal. Tidur. Matikan laptop, singkirkan ponsel dan televisi dari kamar tidur. Masih juga sulit tidur? Mungkin saatnya berkonsultasi dengan dokter: Siapa tahu Anda mengalami kelainan tidur.