Find Us On Social Media :

Mengenal Sejarah Bom Molotov, Jenis Bom yang Dilempar ke Rumah Politisi PKS Mardani Ali Sera

By Ade Sulaeman, Kamis, 19 Juli 2018 | 11:45 WIB

Intisari-Online.com - Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mengaku rumahnya dilempari bom molotov oleh orang tak dikenal para Kamis (19/7/2018).

Polisi pun langsung bertindak dengan mulai melakukan oleh TKP di rumah yang beralamat di Jalan. KH Ahmad Madani No 199D, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat tersebut.

"Alhamdulillah polisi sangat sigap dan sudah hadir di rumah saya. Kebetulan saya sedang di luar kota," ujar Mardani melalui pesan singkat, Kamis (19/7/2018), seperti dilansir kompas.com.

Baca juga:Kesalahan Besar Pengemudi Mobil Matik yang Sering Disepelekan, Apakah Anda Salah Satunya?

"Alhamdulillah tidak ada yang terbakar," tutur Mardani mengenai dampak dari serangan tersebut.Istilah "bom molotov" kemungkinan besar tidak terlalu asing terdengar di telinga orang Indonesia.

Bom ini kerap digunakan saat terjadi kerusuhan karena dianggap mudah dibuat dan cukup membuat efek 'seram' dengan ledakan dan api yang muncul akibatnya.

Namun, tahukan Anda sejarah dari bom ini? Apalagi soal namanya yang 'berbau' Rusia.

Untuk mengetahui sejarah bom 'rumahan' tersebut, mari kita simak artikel berjudul "Apa Itu Bom Molotov?" yang tayang di kompas.com berikut ini.

Baca juga: Tak Mau Pusing-pusing, Pasukan TNI Lebih Suka Memakai Bahasa Jawa untuk Memudahkan Istilah Teknis Senapan AK-47

--

Di Indonesia, penggunaan bom molotov biasanya identik dengan pergerakan mahasiswa. Simak saja, pergerakan mahasiswa pada tahun 1998 yang bersama masyarakat akrab dengan jenis bom yang satu itu.

Nah, polisi nampaknya harus bekerja keras mencari siapa yang meletakkan 10 bom molotov di rangkaian kereta api Cirebon Ekspress KA 91 untuk rute Cirebon-Jakarta , Selasa (29/7). Kenapa harus ekstra keras, karena siapa pun dapat membuat bom itu.

Molotov memang sangat mudah dirakit. Siapa pun dapat membuatnya dari botol yang biasa diisi oleh bensin dan diberikan sumbu. Bom ini hanya memberikan efek terbakar. Sebelum dilemparkan sumbu bom dibakar terlebih dahulu.