Find Us On Social Media :

Apa yang Tidak Anda Ketahui tentang Otak Anda?

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 7 Februari 2017 | 06:00 WIB

Beda Otak Introvert dengan Ekstrovert

Intisari-Online.com – Pernahkah bertanya-tanya mengapa Anda tidak mendapat nilai baik dalam matematika? Pikiran manusia adalah sebuah misteri. Kita masih belum tahu banyak tentang cara kerja pikiran kita. Mempelajari otak manusia, membantu kita tahu mengatapa kita bisa melakukan apa yang kita lakukan. Bukan hanya itu, kita mampu mengingat siapa diri kita dan identitas kita.

Berikut ini hal-hal yang menarik tentang otak kita.

Kelumpuhan tidur

Kadang-kadang ketika kita tiba-tiba bangun dari tidur, kita mungkin tidak bisa memindahkan tangan atau kaki. Itu karena otak kita belum keluar dari modus tidur REM. Dalam kesempatan langka tersebut, otak akan rusak dan bisa beberapa waktu kemudian untuk kembali ke normal.

Rasional dan emosional

Kita mungkin bertanya-tanya mengapa pacar kita tertalalu emosional dan apakah kita tidak punya hati. Alasannya, mayoritas wanita dilahirkan dengan sistem limbik yang lebih besar di otak. Sistem limbik adalah yang mengisi emosi. Dan pria umumnya memiliki lobus parietal-rendah yang lebih besar yang membuat mereka lebih rasional.

Pengolahan data

Pria umumnya menggunakan bagian kiri otak mereka untuk memproses informasi. Sementara wanita menggunakan kedua sisi kanan dan kiri ketika mereka memproses data.

Makanan

Jika kita berpikir kita bisa lolos makan junk food, kita salah. Otak kita terlalu terpengaruh oleh jenis bahan makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Bahan buatan dan pengawet makanan dikatakan mempengaruhi IQ kita. Juga, dikatakan ikan dapat mengurangi risiko demensia. Jadi, pikirkan apa yang harus dimakan.

Oksigen

Ketika kita menghirup oksigen, kita membawa oksigen ke dalam sistem. Dan hampir 20 persen itu digunakan oleh otak kita.