Find Us On Social Media :

Lebih dari Separuh Situs Alam Penting di Dunia Terancam Rusak Gara-gara Ulah Manusia

By Lila Nathania, Senin, 6 Februari 2017 | 09:02 WIB

Situs-situs alam di dunia terancam punah

Intisari-Online.com – Saat ini sejumlah besar wilayah yang mendapat gelar World Heritage Sites dari PBB terancam rusak. Alasannya adalah, sejumlah area alam ini hendak dirusak untuk mencapai tujuan ekonomi jangka pendek.

(Inilah Situs Mirip Stonehenge yang Baru Saja Ditemukan di Amazon)

Menurut hasil riset yang telah dipublikasikan dalam jurnal Biological Conservation, perkembangan aktivitas manusia telah merusak 50 situs penting lebih dari total 203 situs yang ada di bumi. Sebanyak 120 di antaranya juga sudah kehilangan area hutannya selama 20 tahun terakhir. Lebih parahnya lagi, sebanyak 20 situs alam terancam rusak parah dan tak bisa diperbaiki lagi.

Area-area alam khusus yang dianggap merupakan harta berharga bumi selama ini dilindungi dengan pemberian gelar Situs Warisan Budaya oleh UNESCO. Setiap area ini unik dan tentu saja tak tergantikan. Beberapa situs penting di dunia yang diberi gelar ini adalah Taman Nasional Yosemite di Amerka Serikat serta area konservasi Taman Nasional Serengeti di Tanzania.

(Kisah Sedih Kota Tua Aleppo, Situs Warisan Dunia yang Kini Hancur Berantakan)

Gelar Warisan Budaya ini sengaja diberikan supaya kita bisa lebih menjaga dan melestarikan area itu. Diharapkan, area yang menjadi warisan budaya ini bisa tetap persis seperti keadaan aslinya dan tidak tersentuh oleh ketamakan manusia.

Untuk melihat bagaimana dampak aktivitas manusia pada situs-situs ini, peneliti melihat efek dari tekanan manusia mulai dari pembangunan jalan, pertanian, urbanisasi, dan infrastruktur industri.