Find Us On Social Media :

Kisah Muslim Albania Lindungi Pengungsi Yahudi dari Nazi Ini Diharapkan Bisa “Menampar” Trump

By Ade Sulaeman, Jumat, 10 Februari 2017 | 10:01 WIB

Muslim Albania yang melindungi Yahudi dari Nazi.

Intisari-Online.com - Albania mengadakan serangkaian kegiatan pada hari Jumat untuk menandai Hari Peringatan Holocaust dan memperingati keberanian Albania yang secara penuh melindungi komunitas Yahudi mereka dari penganiayaan Nazi selama Perang Dunia II.

(Terowongan yang Digali dengan Sendok Ini Gambaran Upaya Yahudi Jerman Lolos dari Holocaust)

Albania bangga dengan fakta bahwa negara Muslim ini tidak ragu-ragu untuk menjadi tempat berlindung keluarga Yahudi dari Nazi yang menyimpang dari arahan Adolf Hitler.

Meskipun Albania diduduki oleh Fasis Italia dan oleh Nazi Jerman selama perang, penduduk Albania tidak hanya melindungi komunitas Yahudi yang terdiri dari 200 orang namun juga melindungi para pengungsi Yahudi dari negara Eropa lain yang melarikan diri dari ancaman hukuman mati.

(Penyintas Holocaust Ini Bertemu Veteran Perang yang Menyelamatkannya Dulu dalam Reuni yang Mengharukan)

Berdasarkan tradisi lama "Besa" - yang menjaga dari sumpah yang diberikan kepada setiap korban - banyak warga Albania membawa orang-orang Yahudi ke rumah mereka dan melakukan semua yang diperlukan untuk melindungi mereka sampai akhir perang.

Pada akhir perang, Albania mencatat ada 2.000 orang Yahudi tinggal dan mereka menjalin persahabatan dan kekeluargaan dengan penduduk Muslim Albania.

Presiden Bujar Nishani menyerahkan medali kepada 35 keluarga dan individu yang menawarkan perlindungan bagi orang-orang Yahudi selama Perang Dunia II pada Jumat (27/1/2017).

"Albania melakukan hal yang mustahil saat itu, tak terbayangkan, jadi hari ini keluarga-keluarga ini layak untuk diberikan kehormatan Albania," kata Presiden Nishani selama upacara.

(Sebelum Holocaust, Jerman Nazi Menghabisi Orang-orang Gipsi)

Menteri Luar Negeri Ditmir Bushati bersama-sama dengan anggota korps diplomatik di Tirana sementara berkumpul untuk membuka taman "Righteous amongst the nations" di Tirana, untuk menghormati korban Holocaust.

Konferensi dan kegiatan untuk mengingat kengerian mereka dan menyebarkan pesan harapan juga diadakan di Tirana.