Find Us On Social Media :

Demi Efisiensi Energi, Lakukan 5 Kiat Menghemat Listrik di Rumah

By Gloria Samantha, Rabu, 1 Februari 2017 | 07:00 WIB

Soal Hemat Listrik Lagi

Intisari-Online.com - Gerakan konversi energi melalui aksi hemat listrik nasional sudah dicanangkan Pemerintah secara serentak di 20 kota besar di 11 provinsi pada tahun 2016. Target utama gerakan ini adalah penghematan konsumsi energi hingga 10 persen dan mewujudkan budaya hemat listrik. Cobalah 5 kiat menghemat listrik di rumah ini sebagai bagian dari partisipasi penghematan.

Salah satu konsumen listrik terbesar berasal dari rumah tangga. Berdasarkan data PT PLN (Persero) pada 2014, total energi yang terjual adalah sekitar 200 TWh. Di antaranya, 93 persen atau 187,175 TWh dari total energi terjual tersebut berasal dari sektor rumah tangga, industri, dan bisnis. Maka, kebiasaan menghemat listrik di rumah-rumah patut diupayakan.

(Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar di Dunia Ini Ada di India)

Berikut ini beberapa kiat membangun kebiasaan hemat listrik di rumah secara efisien, rasional, tanpa mengurangi kenyamanan, keselamatan, dan produktivitas.

(Inilah Perangkat Elektronik Penghisap Listrik di Rumah yang Sering Tidak Disadari) 1. POMPA AIR: Gunakan tangki penampung air supaya pompa air tidak terlalu sering mati-nyala, karena tarikan awal listrik pompa air yang cukup besar. 2. ATUR PENDINGIN UDARA: Suhu pendingin udara atau AC idealnya pada 24-26 C. Pasang AC sesuai suhu ruang untuk berhemat, karena dalam setiap penurunan suhu 1 derajat Celcius saja, kita harus membayar tambahan energinya 6%. 3. KULKAS: Kurangi frekuensi membuka pintu kulkas. Energi akan terbuang jika pintu kulkas terlalu sering atau lama dibuka. Juga, jangan memasukkan makanan yang masih panas ke dalam kulkas. 4. MATIKAN LAMPU: Dari semua jenis alat listrik, lampu merupakan perangkat primer yang pasti digunakan oleh konsumen. Untuk itu, pastikan penggunaan lampu tidak boros. Bagaimana caranya? Gunakanlah sensor gerak pada lampu supaya bisa menyala dan mati otomatis saat diperlukan. 5. MENCUCI DAN MENJEMUR: Gunakan mesin cuci sesuai kapasitas, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Setrika baju ketika sudah banyak, karena diperlukan daya besar untuk memanaskan setrika yang baru menyala.