Find Us On Social Media :

Ingat, Jangan Pernah Tanya Soal Pelajaran di Hari Pertama Anak Sekolah

By Intisari Online, Senin, 16 Juli 2018 | 10:15 WIB

Intisari-Online.com - Menjelang hari pertama sekolah atau saat harus berpisah untuk sementara dengan orangtua, sering kali anak dilanda kecemasan.Oleh karena itu, di hari-hari pertama sekolah, orangtua harus menjaga antusiasme anak bersekolah.

Demi menyemangati anak, orangtua sebaiknya pantang untuk menanyakan apa yang dipelajari anak di sekolah.

Tetapi tanyalah hal-hal yang sifatnya lebih sosial, seperti:

Baca juga: Anak Kembar 3 Tahun Ini Dikurung dalam Lemari agar Orangtuanya Bisa Bekerja1. Tadi di sekolah kenalan dengan siapa saja?2. Nama gurunya siapa?3. Tadi teman-teman bawa bekal apa di sekolah?Mengapa orangtua harus bertanya demikian? Sebab, itulah yang diperlukan anak.

Baca juga: Insiden Bendera Zohri: Meski Mirip, Ada Perbedaan Antara Bendera Indonesia, Monako, dan Polandia yang Dibalik, Lo!"Bagi anak, dunia yang nyaman adalah dunia sosial, bukan dunia keilmuan atau kognitif," ungkap Weilin Han, konsultan pendidikan.Begitu pula ketika menyiapkan anak sebelum berangkat ke sekolah. Ajaklah anak untuk membicarakan apa yang bakal dia dapatkan di sekolah. Misalnya:1. Kamu ingin punya berapa teman? Dua atau tiga teman?2. Nanti di sekolah bakal ada 20 teman, loh."3. Waktu mama kelas satu SD, guru mama baik sekali, loh. Badannya gemuk, rambutnya keriting. Wah, enak sekali kalau dipeluk.Demikian beberapa topik pertanyaan yang dianjurkan oleh Weilin. Dengan menonjolkan cerita-cerita yang indah, anak akan lebih termotivasi untuk ke sekolah.--Artikel ini ditulis oleh Rusman Nurjaman di Majalah Intisari Extra 1001 Solusi untuk Keluarga Muda dengan judul asli "Anak Cemas di Hari Pertama Sekolah".

Baca juga: Inilah Daftar Rezeki Nomplok yang Sudah Menanti Zohri Setelah Jadi Juara Dunia Lari