Find Us On Social Media :

Catat! Inilah Lima Tanda Peringatan Ankylosing Spondylitis yang Diderita Sulami

By Moh. Habib Asyhad, Selasa, 24 Januari 2017 | 13:01 WIB

Foto tulang belakang pria ini

Intisari-Online.com - Nama Sulami sedang ramai diperbincangkan. Ia menderita sebuah kelainan genetik langka yang membuatnya tidak bisa menggerakkan anggota tubuhnya. Ia kaku seperti maneken.

Menurut Dinas Kesehatan Sragen, Sulami menderita kelainan yang disebut ankylosing spondylitis (AS).

Seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya, tidak seperti nyeri punggung biasa, AS atau rematik sistemik merupakan peradangan tulang belakang dan daerah lainnya di tubuh. Orang yang menderita kelainan ini biasanya akan mengalami nyeri punggung, kekakuan, hingga kelelahan ekstrem.

Tak hanya itu, pasien juga bisa mengalami masalah penglihatan dan peradangan pada sendi lain seperti lutut dan pergelangan kaki.

Siapa yang biasa terkena?

AS lebih cenderung mempengaruhi orang-orang muda, baik laki-laki maupun perempuan. Gejala awal biasanya muncul pada akhir remaja hingga usia-usia dewasa. Lebih dari itu, AS bisa berkembang pada orang di usia berapa pun.

(Mengenal Ankylosing Spondylitis yang Membuat Tubuh Sulami Kaku Seperti Boneka)

Meski demikian, belum jelas kenapa beberapa orang bisa mengidap AS sementara yang lain tidak. Kebanyakan orang Kaukasia yang menderita kelainan ini memiliki gen tertentu yang disebut HLA-B27, tapi tidak semua orang punya gen ini.

Setidaknya, seperti dilaporkan Healthline.com, telah ada sekitar 30 gen yang diidentifikasi sebagai pembawa kelainan ini.

Peringatan-peringantan tentang AS

Peringatan satu: nyeri aneh di punggung

Nyeri biasa, lazimnya akan pulih setelah kita istirahat. Tapi AS sebaliknya, ia akan kian memburuk justru setelah kita bangun. Jika nyeri biasa akan semakin memburuk ketika digunakan berolahraga, maka tidak dengan AS. Ia justru akan pulih setelah latihan fisik.