Find Us On Social Media :

Penyebab Orang Tua Sering Diserang Pneumonia

By Hery Prasetyo, Selasa, 24 Januari 2017 | 11:00 WIB

Pneumonia.

Intisari-Online.com - Peneumonia semakin menjadi hantu bagi orang yang sudah berusia lanjut. Mantan Presiden AS, George H.W. Bush dirawat di rumah sakit pada 14 Januari setelah serangan penyakit pneumonia. lalu, apa penyebab orang tua sering diserang penumonia?

Salah satu alasannya adalah kekebalan tubuh yang menurun setelah usia 50 tahun. George H.W. Bush berumur 92 tahun dan itu sangat wajar dia rentan pneumonia.

"Jadi tak mengherankan jika seseorang di atas 90 tahun mengalami kekebalan melemah," kata Dr Len Horowitz, spesialis paru-paru dari Lenox Hill Hospital, New York City.

Pneumonia yang memiliki ciri inflamasi di paru-paru lazim terjadi pada musim dingin. Selain itu, ada pula penyakit pernapasan lain seperti flu yang menular di musim dingin belahan bumi utara itu.

"Dokter selalu merawat di rumah sakit para lansia jika mereka terkena pneumonia dan perawatan di rumah sakit itu amat penting ketika lansia tersebut pun memiliki masalah medis lain," kata Horovitz.

Kendati tidak tahu kondisi kesehatan khusus mantan presiden AS itu, Horovitz mencatat bahwa Bush menggunakan kursi roda.

Ini bisa berarti Bush juga memiliki masalah kesehatan saraf yang dapat juga berarti batuknya kurang efektif membersihkan lendir atau sekresi dari paru-paru seperti orang lain yang lebih kuat.

Peneumonia akibat virus

Terapi yang digunakan mengobati pasien pneumonia bergantung pada apakah penyakit itu disebabkan oleh virus atau bakteri.

Pneumonia karena virus cenderung lebih menular, tetapi menyebabkan infeksi kurang parah dibandingkan yang bakteri.

Kerap kali dokter memberi antibiotika yang bahkan belum diketahui apakah pneumonia itu disebabkan oleh virus atau bakteri untuk berjaga-jaga agar tidak kecolongan dengan infeksi bakteri.

Untuk lansia penderita pneumonia, dokter harus lebih hati-hati memberikan prognosis definitif.