Find Us On Social Media :

Penampakan Pelangi Hantu yang Sangat Langka di Langit Skotlandia

By Lila Nathania, Minggu, 22 Januari 2017 | 16:00 WIB

Pelangi hantu di Skotlandia

Intisari-Online.com – Ketika sedang berjalan-jalan di area Rannoch Moor di daerah dataran tinggi Skotlandia, seorang fotografer bernama Melvin Nicholson berhasil mengabadikan pemandangan indah berupa pelangi hantu di Skotlandia.

Hal ini merupakan fenomena yang sangat unik dan langka disaksikan. Pelangi hantu hanya bisa muncul ketika matahari terletak di belakang orang yang melihat. Dengan dipadu oleh salju yang sedang jatuh di area tersebut, Melvin berhasil menghasilkan sebuah foto yang sangat indah.

Hari itu dianggap sebagai momen yang sangat tidak terlupakan oleh Melvin. Perkataan Melvin tersebut tentu tidak berlebihan. Lihat saja fotonya, dengan adanya pelangi hantu yang melengkung di atas sebuah pohon, foto hasil jepretan Melvin ini terlihat begitu magis.

Fenomena alam yang sering disebut sebagai pelangi hantu ini sebenarnya adalah fogbow. Fenomena ini memang sangat mirip dengan pelangi. Alih-alih air hujan yang merefleksikan sinar matahari, dalam kasus fogbow yang terjadi adalah air hujan terperangkap dalam kabut.

Air hujan yang bisa terperangkap dalam kabut ini ukurannya relatif lebih kecil ketimbang air hujan biasa. jadi, warna yang muncul pun lebih pudar dan redup. Karena alasan itulah fenomena ini disebut sebagai pelangi hantu.

Walau tidak mungkin melihat warna-warna lengkap pelangi pada fenomena ini, terkadang orang masih bisa melihat sedikit warna merah pada pinggiran pelangi hantu ini.