Find Us On Social Media :

Seberapa Sering Seharusnya Kita Mandi?

By Lila Nathania, Minggu, 22 Januari 2017 | 07:00 WIB

Jangan mandi terlalu sering

Intisari-Online.com – Kapan terakhir kali kita mandi? Pagi ini? Bisa jadi kita mandi terlau sering. Harap diperhatikan, mandiri terlalu sering ternyata justru mengganggu produksi minyak dan organisme yang ada di kulit kita. Mandi terlalu sering justru buruk untuk kesehatan dan bau badan kita.

Kesulitannya adalah para peneliti juga tidak pernah bisa menemukan frekuensi tepat yang optimal untuk menentukan apakah kita perlu mandi setiap hari. Hingga saat ini juga belum bisa diputuskan metode mandi seperti apa yang paling optimal untuk dilakukan. Pasalnya, hal ini menyangkut tentang mikrobioma manusia yang sampai sekarang belum sepenuhnya dipahami.

Jadi, apa sebenarnya mikrobioma? Mikrobioma adalah kumpulan dari bakteri, virus, dan berbagai mikroba lain yang hidup di tubuh kita. Benda-benda asing ini memiliki manfaat yang sangat penting untuk kesehatan kita. Tanpa mereka, sistem imun, pencernaan, dan sistem kerja jantung tak akan dapat berfungsi dengan baik.

Para ilmuwan berkata bahwa mikrobioma ini berbeda dengan sistem organ apapun yang ada di tubuh kita. Mereka bukanlah satu bagian dengan organ kita. Mikrobioma ini merupakan semacam tamu yang ada di tubuh dan harus dijaga untuk membantu sistem tubuh kita berjalan dengan lancar. Hal buruknya, saat ini kita baru mengetahui sangat sedikit saja tentang mikrobioma.