Find Us On Social Media :

Inilah 10 Negara yang Memiliki Keragaman Bahasa Terbanyak di Dunia, Tebak Indonesia Ada di Posisi Be

By Lila Nathania, Sabtu, 21 Januari 2017 | 08:00 WIB

Berbagai macam bahasa di dunia

Intisari-Online.com - Ada sejumlah negara di dunia yang keragaman bahasanya sangat banyak. Indonesia tentu salah satunya. Dan, inilah 10 negara yang memiliki keragaman bahasa terbanyak di dunia.

10. Brasil - 229 Bahasa

Bahasa utama di Brasil adalah Portugis. Bahasa Portugis dipakai sebagai bahasa resmi dan paling banyak dipakai oleh masrayakat Brasil. Bahasa Portugis yang dipakai di Brasil sendiri cukup berbeda dengan Bahasa Portugis di area lain. Bahasa Postugis Brasil cukup mirip dengan Bahasa Portugis Eropa pada era abad ke-16.

9. Australia - 245 Bahasa

Negara tetangga kita ini tidak hanya kaya bahasa saja namun juga memiliki tingkat literasi sangat tinggi. Persentase penduduk Australia yang bisa membaca adalah 99%.  Pada sensus tahun 2006, sekitar 12% dari populasi asli Australia melaporkan bahwa mereka masih berbicara dalam bahasa asli di kalangan keluarga. Jadi bahasa ini masih digunakan secara terbatas.

8. Kamerun - 281 Bahasa

Negara Kamerun memiliki dua bahasa yang paling sering digunakan yaitu Inggris dan Perancis. Dua bahasa itu merupakan bahasa nasional negara mereka. Dalam menuliskan dokumen-dokumen pemerintahan, Kamerun juga menggunakan dua bahasa ini. Namun, mereka memiliki 281 bahasa daerah.

7. Meksiko - 289 Bahasa

Dari 289 bahasa yang dimiliki oleh Meksiko, sebanyak 280 di antaranya merupakan bahasa asli masyarakat setempat. Namun, hampir semua populasi Meksiko, sebanyak 99,3%, berbicara dalam bahasa Spanyol.

6. Tiongkok - 300 Bahasa

Sebanyak 70% masyarakat Tionghoa memakai dialek Mandarin. Sisanya 30% memakai berbagai macam dialek khas masing-masing. Sama seperti di Indonesia, Tiongkok memiliki dialek yang sangat banyak, namun Bahasa Mandarin standar dijadikan bahasa utama, sama seperti kedudukan Bahasa Indonesia.