Find Us On Social Media :

Berhasil Mewawancarai 100 Pemerkosa di Negaranya, Seperti Inilah Kenyataan yang Didapat Madhumati Pandey

By Intisari Online, Rabu, 11 Juli 2018 | 07:30 WIB

Intisari-Online.com - Di India, banyak yang menganggap mereka sebagai “monster”.

Madhumati Pandey baru berusia 22 tahuh ketika ia pertama kali berkunjung ke Penjara Tihar di New Delhi untuk bertemu dan mewawancarai terpidana perkosaan di India.

Dan selama tiga tahun terakhir, ia telah berhasil mewawancarai 100 pemerkosa untuk penelitian doktoralnya di departemen kriminologi di Anglia Ruskin University di Inggris.

Baca juga: Tak Hanya Dihukum Mati, Jasad Pemerkosa dan Pembunuh Bocah Perempuan 3 Tahun Ini Juga Digantung dengan Derek

Semua ini bermula pada 2013 lalu.

Wawancara ini awalnya hanya proyek percontohan sebagai respon atas kasus pemerkosaan dan pembunuhan sekelompok geng terhadap seorang perempuan yang sekarang dikenal dengan “Nirbhaya” alias “Tak Kenal Takut”.

Rincian kasusnya seperti ini: seorang mahasiswa kedokteran diserang dalam perjalanan pulang bersama seorang teman setelah menonton Life of Pi.

Menurut laporan National Crime Records Bureu, sekitar 34.651 perempuan dilaporkan diperkosa pada 2015—laporan terbaru soal kasus pemerkosaan di India.

Kasus Nirbhaya membuat ribuan orang India turun ke jalanan untuk memprotes meluasnya budaya pemerkosaan dan kekerasan terhadap perempuan pada 2012. Tahun itu, aktivis-aktivis gender menempatkan India sebagai tempat terburuk bagi perempuan, di antara negara-negara G-20.

India bahkan dianggap lebih buruk dibanding Arab Saudi di mana para perempuan biasa hidup di bawah pengawasan para lelaki.

“Semua orang memikirkan hal yang sama,” ujar Pandey, yang pada saat itu berada di Inggris, menyelesaikan pendidikan masternya.

“Mengapa mereka melakukan itu? Kami menganggap mereka sebagai monster, kami pikir tidak ada manusia yang bisa melakukan hal seperti itu—kecuali monster.”

Protes tersebut membuat kasus pemerkosan menjadi isu nasional, yang sebelumnya dianggap tabu di India.