Find Us On Social Media :

Jangan Jadikan Kebiasaan! Kerja Lembur Itu Bahaya dan Bisa Sebabkan 5 Gangguan Kesehatan Ini

By Aulia Dian Permata, Selasa, 10 Juli 2018 | 13:00 WIB

Intisari-Online.com - Apakah Anda termasuk kaum milenial yang gila lembur?

Saat ini, fenomena kerja lembur seolah-olah malah jadi kebanggaan tersendiri, khususnya bagi para pekerja generasi milenial.

Pekerjaan semacam konsultan bisnis, pengacara, broker saham, dan sektor industri kreatif yang banyak diisi oleh anak muda menjadi pekerjaan yang rentan lembur.

Namun, para pekerja dengan dalih passion merasa tak rugi jika harus tinggal lebih lama di kantor untuk menyelesaikan pekerjaan.

Baca Juga: Tradisi Pati Obong, Saat Para Janda Membakar Diri Untuk Menjaga Kehormatannya

Padahal bekerja lembur tidak baik untuk jadi kebiasaan karena bisa menyebabkan 5 masalah kesehatan yang cukup serius di kemudian hari.

Dilansir dari Huffington Post, inilah 5 gangguan kesehatan yang mungkin timbul jika Anda sering bekerja hingga larut malam.

1. Depresi

Sebuah riset yang diterbitkan oleh lembaga jurnal PLos ONE menunjukkan hasil bahwa orang yang bekerja lebih dari 11 jam per hari punya risiko tinggi mengalami depresi dibandingkan orang yang bekerja kurang dari 8 jam per hari.

Jam kerja yang terlalu panjang bisa memengaruhi kehidupan sosial Anda termasuk hubungan dengan pasangan, teman atau keluarga Anda.

Anda juga akan kekurangan waktu untuk memanjakan diri sendiri sekedar berolahraga atau bersantai.

2. Gangguan tidur

Yayasan Peduli Jam Tidur Nasional di Amerika Serikat membeberkan data bahwa rata-rata pekerja yang bekerja lebih dari 50 jam per minggu mengalami gangguan tidur.

Biasanya di hari kerja mereka kekurangan waktu istirahat atau tidak bisa beristirahat dengan tenang.

Jam tidur yang kacau juga akan memengaruhi performa Anda di tempat kerja.

Pekerja yang sering lembur biasanya akan lebih mudah mengantuk atau lemas saat siang hari dan kemampuan kerja mereka akan menurun.

Baca Juga: Cara Mudah dan Manjur Hilangkan Bopeng Bekas Jerawat, Bisa Dipraktikkan Sekarang Juga