Find Us On Social Media :

Bentuknya Semakin Menipis, Akankah Televisi Menghilang di Masa Depan?

By Lintang Bestari, Sabtu, 14 Januari 2017 | 17:33 WIB

Bingkai televisi semakin tipis

Intisari-Online.com – Kemanakah teknologi televisi akan berkembang? Selama beberapa tahun terakhir, produsen TV terlihat tanpa tujuan, beralih dari satu teknologi ke lainnya tapi tidak terlihat ingin membawa antusiasme itu ke konsumen.

(Jaringan Televisi A&E Akhirnya Membatalkan Tayangan Kontroversial tentang Ku Klux Klan)

Meskipun begitu, ada satu tren yang berkembang saat ini: bentuk televisi semakin menipis. Bingkainya sangat kecil sehingga memungkinkan untuk menjadikan TV sebagai wallpaper. Dari kejauhan, televisi terlihat seperti gambar mengambang yang terpisah sedikit dari dinding. Bahkan, televisi OLED 4K keluaran LG lebih tipis dari iPhone. Perusahaan lain seperti Phillips dan Samsung telah mengenalkan model televisi serupa. Meskipun memiliki layar raksasa hingga 70 inci, bingkai televisinya sangat tipis.

LG ingin selangkah lebih maju, mereka menunjukkan konsep televisi transparan. Bukan berarti lebih praktis, namun ini adalah model di mana televisi lama-lama akan menghilang. Di masa depan, mungkin TV akan seperti gambar saja karena bentuknya semakin tipis.

(Dengan Alat Ini, Layar Ponsel Bisa Diubah Jadi Televisi Jadul yang Retro)

Tentu saja, teknologi itu akan dibandrol dengan harga yang mahal, yakni mencapai 10 ribu dollar AS. Namun, baru-baru ini, Xiaomi menunjukkan TV pintar ultra tipis yang harganya hanya 2000 dollar AS. Artinya, televisi tipis ini bisa dibeli banyak orang.

Meskipun tren ini dibarengi dengan teknologi yang semakin canggih seperti resolusi gambar yang tinggi, HDR, dan memberikan pengalaman menonton yang menyenangkan, namun tetap ada kekhawatiran apakah bentuk televisi akan menghilang dan hanya menyisakan layar setipis poster.