Find Us On Social Media :

Menghormati Orang Lain Berarti Juga Menghormati Diri Sendiri

By K. Tatik Wardayati, Senin, 9 Januari 2017 | 21:00 WIB

Tiada yang lebih indah kecuali tangan ibu

Intisari-Online.com – Sudah menjadi keharusan untuk memperlakukan orang dengan terhormat dan bermartabat. Sebab, menghormati orang lain berarti juga menghormati diri sendiri.

Seorang rekan kerja dan teman mengundang kami untuk membantu melayani makan malam di Tent City di Mercer Island, Washington, dekat tempat kami tinggal. Sejumlah tenda diatur untuk komunitas tunawisma di daerah itu. Berbagai relawan membantu dan melayani makan malam untuk warga tunawisma itu secara teratur.

Saya mengajak anak kami yang berumur sembilan dan lima tahun pada saat itu. Mereka banyak mengajukan pertanyaan karena seluruh pengaturan yang kami lakukan ini sepertinya bertentangan dengan sejumlah asumsi yang mereka tahu tentang bagaimana orang hidup di dunia.

"Mengapa mereka tidak memiliki rumah?" dengan cara yang kita lakukan?"

Orang-orang yang kami layani dari usia muda hingga tua. Banyak warga yang sudah ompong atau pakaiannya robek dan kotor. Mereka benar-benar menghargai. Saya sedikit terkejut ketika mereka khusus mengucapkan syukur saya telah membawa anak-anak. Banyak yang mengatakan betapa menyenangkan dapat aktif, dan anak-anak bergembira di tengah-tengah mereka.

Setelah makan malam, saya melihat anak saya yang berumur sembilan tahun bergandengan tangan dengan sejumlah pria tua yang sedang membicarakan siaran olahraga di sebuah televisi kecil. Ia bersenang-senang berbagi dan mendengarkan cerita.

Setelah beberapa warga kembali ke tenda mereka, saya mendengar beberapa orang mengatakan, “Terima kasih banyak untuk datang makan malam bersama kami.” Saya bisa melihat ekspresi wajah mereka dengan sikap sederhannya, memperlakukan layaknya tamu di rumah sendiri, menyentuh mereka. Saya memeluk mereka ketika kami meninggalkan tempat itu untuk kembali ke rumah.

Ini adalah pengingat besar bagi kita bagaimana memperlakukan orang dengan hormat dan bermartabat, tidak peduli apa pun keadaan mereka, menghormati mereka itu berarti menghormati diri kita juga.