Find Us On Social Media :

Si Buta Ini Memasang Kamera pada Anjingnya untuk Merekam Tiap Kekerasan yang Ia Terima

By Moh. Habib Asyhad, Sabtu, 7 Januari 2017 | 09:00 WIB

Patel dan anjing pemandunya Kika

Intisari-Online.com - Meski buta, Amit Patel telah merekam banyak sekali kekerasan dan rundungan yang menimpanya. Semua itu berkat bantuan si anjing, Kika, yang selalu setia menemaninya.

Mantan dokter di A&E berusia 37 tahun, yang kehilangan penglihatannya lima tahun lalu karena keratoconus, memasang kamera GoPro pada anjingnya itu. Si anjing yang selalu ia bawa mengelilingi London itu akan merekam segala bentuk kekerasan dan pelecehan yang ditujukan kepada Patel.

(Anjing Ini Terlalu Sakit untuk Berpindah dari Rel Kereta sehingga Temannya Menjagainya Setiap Saat)

Setiap harinya, setelah melalukan perjalanan untuk bekerja atau lainnya, Patel akan menyalin video itu ke komputernya. Istrinya, Seema, yang bisa melihat, akan membantunya melihat siapa saja orang yang melecehkannya di perjalanan hari itu. Misalnya, suatu hari ia menemukan seorang perempuan menggunakan bangku kosong untuk menaruh tasnya alih-alih mempersilakan Patel duduk.

Kika adalah satu dari sekitar 5% anjing pemandu di London yang dilatih untuk memandu tuannya melewati eskalator. Meski demikian, Kika juga bisa berubah menjadi anjing pemarah ketika tuannya itu memukul atau menendang punggungnya.

Hubungan Patel dan Kika bermula ketika seseorang menyerobot Patel di eskalator di sebuah stasiun. “Mereka punya banyak ruang untuk berjalan, tapi sepertinya mereka berpikir bahwa sangat menyenangkan menyerobot orang buta,” ujar Patel, seperti dilaporkan Metro.co.uk. “Orang-orang itu tidak peduli.”

Patel juga kerap mendapat perlakuan yang kurang pantas dari staf stasiun dan sopir taksi—terutama ketika ia berada di lokasi baru. Dalam salah satu video yang berhasil direkam oleh Kika, terdapat salah satu staf stasiun yang ogah-ogahan membantunya.

Staf itu mengaku tidak melihat Patel, tapi dari tayangan video itu terlihat sebaliknya. Dalam video yang lain juga terlihat bagaimana seorang sopir taksi enggan berhenti untuknya.

Tak sekadar membimbing, merekam orang-orang yang melecehkan, Kika juga pernah menyelamatkan nyawa Patel. Suatu ketika ada sebuah mobil menerobos lampu merah dan hampir menabraknya. Tapi untung Kika yang sigap berhasil menyelamatkannya.

Saat ini Patel aktif bekerja sebagai sukarelawan di RNIB, Action for Blind People, Guide Dog for the Blind untuk melatih pemakai jasa anjing pemandu baru.