Find Us On Social Media :

Mengidentifikasi Gejala Disleksia Pada Seseorang

By Tika Anggreni Purba, Sabtu, 7 Januari 2017 | 06:00 WIB

6 Mitos yang Keliru tentang Disleksia (1)

Intisari-online.com—Gejala-gelaja disleksia pada seseorang bisa berbeda, tergantung tingkat keparahannya. Tidak setiap orang menunjukkan semua gejala soal kesulitan membaca dan menulis saja. Namun umumnya kita bisa tahu bagaimana mengidentifikasi gejala disleksia pada seseorang dengan mengenali hal-hal berikut.

1. Perkembangan yang lambat merupakan gejala awal disleksia

2. Gejala disleksia termasuk juga penurunan kemampuan motoriknya. Misalnya ia sulit menggambar, menyalin, menulis. Ia juga terlihat canggung menggunakan pensil dan pulpen. Kadang-kadang ada juga penderita disleksia yang mengalami kesulitan membedakan kanan dan kiri.

3. Terlambat dalam kemampuan berekspresi dan kemampuan mengulangi perkataan.

(Yuk Berkenalan dengan Disleksia)

4. Penderita sulit untuk melafalkan pengucapan dengan benar. Khususnya untuk kata-kata atau kalimat yang menggunakan banyak pengulangan huruf yang sama.

5. Ia sulit untuk mengingat objek-objek yang umum dan orang-orang yang sebenarnya familiar.

6. Sulit untuk meniru, belajar, dan mengenali huruf dan kata-kata.

7. Mengalami masalah untuk memahami hubungan antarkalimat baik tulisan maupun lisan.

8. Gejala disleksia juga ditandai dengan kata-kata atau huruf yang hilang saat diucapkan. Ia juga sulit untuk mengulangi dan memahami kalimat-kalimat yang berima.

9. Karena berbagai gangguan tersebut, penderita disleksia (khususnya anak-anak) mengalami konsep diri yang rendah, sulit mengingat, lambat memproses informasi, sulit berteman, dan mengalami masalah perilaku.

(Typoglycemia, Buku Simulator Web untuk Penderita Disleksia)