Find Us On Social Media :

Mau Kulit Kencang dan Bersinar? Ini Dia Tipsnya

By Ilham Pradipta M., Kamis, 5 Januari 2017 | 15:35 WIB

lima langkah sederhana merawat kulit selama liburan

Intisari-Online.com – Kulit dan kesehatan tubuh amat berkaitan. Ketika tubuh sehat, kulit akan tampak bersinar. Sementara itu ketika ada yang tidak beres dengan tubuh, kulit pun menjadi kusam dan kurang bercahaya. Namun, pilihan makanan yang besahabat dengan kulit akan membuat kulit tetap awet muda. Nah, berikut makanan yang bisa membuat kulit kencang dan bersinar.

1.Biji-bijian 

Biji-bijian seperti beras merah, gandum yang masih ada kulit arinya, dan kacang hijau, merupakan sumber vitamin B kompleks yang baik. Nah, vitamin B kompleks inilah yang membantu proses regenerasi sel-sel kulit yang mati dan memerangi infeksi kulit.

Sedangkan senyawa niasin (vitamin B3) yang terkandung di dalamnya, akan membantu penyerapan zat-zat gizi yang diperlukan untuk kesehatan kulit dan memberi energi.

(Masker Alami Ini Bikin kulit Cerah dan Mulus)

2. Lidah buaya 

Tanaman ini memiliki keistimewaan tersendiri bagi kulit kita. Lidah buaya akan memberi banyak khasiat pada tubuh jika diasup secara benar. Misalnya, dengan cara meminum jusnya. Jus tersebut dapat mengatasi kulit yang teriritasi, membantu mencegah jerawat, dan pigmentasi kulit.

Untuk hasil yang baik, minumlah 30-40 ml jus lidah buaya setiap hari. Namun, agar tidak mengiritasi lambung, jus buaya harus dari lidah buaya yang sudah dimasak atau di proses.

3. Kacang-kacangan 

Baik kacang tanah, kacang merah, atau kacang kedelai merupakan sumber protein dan biotin yang dapat membuat kulit bersinar. Bila Anda ingin mengonsumsinya, masaklah kacang-kacangan sampai benar-benar matang agar zat-zat gizinya terlepas da kandungan proteinnya jadi lebih optimal.

4. Teh hijau 

Minuman yang satu ini kaya akan antioksidan dan flavonoid yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet dan radikal bebas. Selain itu sifat antioksidannya juga bisa membantu untuk mencegah kulit keriput dan menghilangkan noda-noda cokelat di kulit.