Find Us On Social Media :

4 Alasan Kuat Mengapa Manusia Harus Bisa Menghuni Mars

By Bramantyo Indirawan, Rabu, 4 Januari 2017 | 12:00 WIB

Mengapa kita harus menghuni Mars?

Intisari-Online.com – Mars menjadi planet kedua yang dapat menjadi tempat tinggal bagi manusia di masa depan. Apakah menetap dan membuat koloni di planet merah ini menjadi sebuah pilihan baru? Bukan, ini adalah kebutuhan!

Pendapat hijrah ke Mars menjadi sebuah “kebutuhan” ini telah didukung oleh berbagai tokoh tenar seperti astronot dan salah satu pria yang pertama kali ke bulan bernama Buzz Aldrin, ilmuwan Stephen Hawking, Bill Nye, dan Neil deGrasse Tyson, hingga pengusaha teknologi bernama Elon Musk.

Akan tetapi muncul juga kritik bahwa misi membawa manusia ke Mars menghabiskan sekitar bilyunan dolar Amerika Serikat atau triliunan rupiah. Uang sebesar itu lebih mudah dialokasikan kepada riset kanker atau melawan kelaparan di dunia ini.

Pendapat berlawanan ini kerap muncul karena manusia lebih fokus kepada apa yang akan terjadi esok hari dibandingkan 100 tahun kedepan. Mars dapat menjadi jawaban, bahkan Stephen Hawking mengatakan  apabila manusia ingin bertahan hingga jutaan tahun, mereka harus pergi ke tempat tak terjamah dengan penuh keberanian.

Berikut adalah empat alasan kuat mengapa manusia harus menempati planet Mars sebagai tempat tinggal.