Find Us On Social Media :

Keputusan Cepat yang Harus Segera Diambil

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 4 Januari 2017 | 06:07 WIB

5 Keputusan yang Tak Perlu Saran Orang Lain

Intisari-Online.com – Seorang penjaga memperhatikan bagaimana seorang peserta pertandingan, Sam, selalu konsisten menangkap lebih banyak ikan daripada orang lain. Sementara orang lain hanya bisa menangkap tiga atau empat dalam satu hari, Sam akan datang dari danau dengan perahu penuh ikan. Keranjang ikannya selalu penuh dengan ikan segar yang tertangkap.

Penjaga pertandingan itu, karena penasaran, bertanya pada Sam apa rahasianya. Nelayan itu pun mengundang penjaga itu untuk menemaninya dan mengamati. Maka, keesokan harinya keduanya bertemu di dermaga dan melepas perahu Sam. Ketika mereka sampai di tengah danau, Sam menghentikan perahu, dan sipir duduk untuk melihat bagaimana Sam melakukannya.

Pendekatan Sam sederhana. Ia mengambil tongkat dinamit, menyulutnya, dan melemparkannya di udara. Ledakan itu mengguncang danau dengan kekuatan besar, lalu ikan mati segera muncul ke permukaan danau. Sam mengambil jaring dan mulai menyendokinya.

Anda bisa membayangkan reaksi dari penjaga tersebut, bukan? Tentu saja, ia shock. Ketika ia sudah pulih dari shock atas semua itu, ia mulai berteriak pada Sam. “Anda tidak bisa melakukan ini! Saya akan menempatkan Anda di penjara, sobat! Anda akan membayar setiap hal baik di buku catatan!”

Sam, sambil mengatur jalanya ke danau dan mengambil tongkat dinamit yang lain. Ia menyalakannya lagi dan melemparkannya ke pangkuan sipir dengar kata-kata ini, “Apakah Anda akan duduk di sana sepanjang hari dengan mengeluh, atau Anda akan mencari ikan?”

Penjaga yang malang itu dengan tenaganya yang tersisa, mengambil keputusan cepat yang dibuatnya. Ia menyentakkan, dan dalam satu detik, ia pun melakukan apa yang dilakukan oleh Sam. Ia melemparkan dinamit itu dan melakukannya dengan cepat.

Demikian pula, hidup ini seperti itu. Beberapa hari berlalu tanpa wajah kita dengan keputusan tak diundang, tak terduga, namun tidak dapat dihindari. Seperti bola salju yang menerjang, keputusan cepat ini jatuh pada kita tanpa peringatan. Cepat. Segera. Tiba-tiba. Tidak ada perbandingan, tidak ada saran.