Find Us On Social Media :

Menurut Kemenhub, KM Lestari Maju Sengaja Ditenggelamkan oleh Nahkodanya

By Intisari Online, Rabu, 4 Juli 2018 | 06:15 WIB

Intisari-Online.com - Terkait tenggelamnya kapal feri KM Lestari Maju di perairan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7) siang, Kementerian Perhubungan langsung buka suara.

Melalui Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Agus H Purnomo dalam siaran pers, diketahui bahwa feri itu sengaja dikandaskan oleh nahkodanya.

“Laporan yang disampaikan dari Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Bulukumba disebutkan bahwa kapal tersebut kemasukan air karena cuaca buruk dan oleh nakhoda kapal sengaja dikandaskan agar tidak tenggelam dan memudahkan evakuasi para penumpangnya,” kata Agus.

Baca juga: KM Lestari Maju yang Tenggelam di Perairan Selayar, Ada Uang BPD Rp30 Miliar dan 139 Penumpang di Dalamnya

Kita tahu, KM Lestari Maju sebelumnya dikabarkan tenggelam di perairan Selayar pada sekitar pukul 14.30 Wita.

Agus menjelaskan, kapal berpenumpang 139 orang yang dinakhodai oleh Agus Susanto itu sedang menuju Pelabuhan Pamatata dikandaskan sekitar 300 meter dari Pantai Pabadilang, Selayar.

Saat ini, proses evakuasi terus dilakukan oleh kapal-kapal nelayan dan tim evakuasi dari Basarnas.

Sebagian penumpang sudah berhasil dievakuasi dan sebagian lagi masih berada di kapal.

Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Surabaya mengerahkan satu kapal patroli KNP Chundamani untuk membantu evakuasi penumpang kapal tersebut.

Selain mengangkut penumpang, KM Lestari Maju tersebut membawa total 48 kendaraan, tediri terdiri atas 18 kendaraan roda dua, 14 kendaraan roda empat, delapan kendaraan golongan lima dan delapan kendaraan golongan enam.

"Seluruh penumpang telah mengenakan jaket keselamatan serta telah mengikuti prosedur keselamatan di atas kapal dengan panduan dari nakhoda dibantu kru kapal," kata Agus.

KM Lestari Maju merupakan kapal jenis Ro-Ro yang melayani lintas penyeberangan Bira-Pamatata.

Baca juga: Kapal Feri KM Lestari Maju Tenggelam di Selayar, 4 Penumpang Tewas