Find Us On Social Media :

9 Tips Untuk Menghindari Rasa Kantuk Setelah Makan Siang!

By Monalisa Darwin D, Minggu, 1 Januari 2017 | 16:03 WIB

Mengapa Kita Sering Mengantuk Sehabis Makan Siang?

Intisari-Online.com - Kebanyakan orang akan merasa mengantuk setelah makan siang. Hal ini kemudian menyebabkan waktu yang tidak lagi produktif untuk bekerja. Namun, perlu kita ketahui 9 tips untuk menghindari rasa kantuk setelah makan siang berikut ini agar kita tetap bersemangat melanjutkan pekerjaan!

(Inilah Daftar Menu Makan Siang yang Tidak Sehat)

1. Salah satu alasan rasa mengantuk datang setelah makan siang  adalah karena melewatkan sarapan. Sarapan akan menyebabkan tubuh lebih segar dan aktif sepanjang hari. Jadi, mereka yang tidak sarapan akan mengalami rasa mengantuk setelah makan siang. Yuk, rutin sarapan setiap hari!

2. Bagi Anda yang sering mengambil camilan sepanjang hari, tidak perlu makan siang dalam porsi yang besar. Hal ini akan menyebabkan kekenyangan yang berlebih dan memunculkan perasaan mengantuk setelahnya. Yang perlu diperhatikan pula, pilihlah camilan yang rendah lemak dan memiliki protein agar tubuh tetap energik sepanjang hari.

(Sering ‘Ngantuk’ Usai Makan Siang? Ini Penyebabnya )

3. Untuk makan siang, lebihlah berhati-hati dalam memilih menu atau asupan yang dikonsumsi. Jika mengambil makanan berat dengan makanan yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna, maka ini akan membuat tubuh menjadi lebih lesu. Selain itu, hindari pula junk food dan makanan ringan saat makan siang, terutam ketika berada di tempat kerja.

4. Hindari minuman beralkohol ketika makan siang. Mungkin tidak banyak yang melakukan ini, namun kita perlu tahu bahwa mengonsumsi bir atau minuman beralkohol di jam makan siang akan membuat tubuh merasa mengantuk. Bahkan, minum bir atau alkohol di malam harinya juga akan mengakibatkan mengantuk di sore esoknya. Berhati-hatilah!

5. Untuk menghindari rasa kantuk setelah makan siang, berjalan-jalanlah sebentar di sekitar tempat kerja. Membuat tubuh tetap aktif akan menjadikan sirkulasi darah tetap lancar serta meningkatkan kesehatan pencernaan. Hal ini juga akan meregangkan tubuh karena sudah cukup lama duduk atau sibuk dengan pekerjaan kantor.