Find Us On Social Media :

8 Fakta Unik dan Menghibur Tentang Email

By Bramantyo Indirawan, Jumat, 30 Desember 2016 | 11:00 WIB

Dari kata sandi yang paling banyak digunakan hingga email pertama dari luar angkasa

Intisari-Online.com – Email adalah surat elektronik yang memudahkan komunikasi kita melalui internet. Kita bisa mengirim atau mendapatkan berbagai pesan, baik itu notifikasi, promosi, hingga pesan pribadi. Dengan 4,3 miliar pengguna, muncul 8 fakta unik dan menarik tentang email.

1. Email pertama yang dikirim di dunia

Ray Tomlinson asal AS menjadi orang pertama yang berhasil mengirimkan email dari satu komputer ke komputer lainnya. Pria yang bekerja di perusahaan teknologi bernama Beranek and Newman sebagai kontraktor ARPANET (program jaringan sebelum internet).

Pesan yang dikirimkan oleh Ray sendiri masih samar. Ia mengatakan emailnya berisi kata-kata seperti “QWERTYUIOP,” sebuah deret alfabet di keyboard komputer. Dilaksanakan pada tahun 1971, pria yang berkuliah di Masachussets Institute of Technology (MIT) ini akhirnya diakui sebagai pengirim email pertama di dunia pada tahun 1972.

2. Password terbanyak yang digunakan

Apakah “123456” menjadi password atau kata sandi paling populer yang digunakan oleh pengguna email? Betul. Pada tahun 2009, sebanyak 10.000 kata sandi di hotmail menggunakan kombinasi angka ini.

Sedangkan riset yang dilakukan SplashData mendapatkan informasi melalui dua juta kata sandi yang tercuri di tahun 2015. Hasilnya pun sama, “123455” menjadi kata sandi yang paling banyak digunakan.  

3. Bertukar email bersama raksasa teknologi

Bill Gates menggunakan email sejak tanggal 16 Juli 1982 dengan alamat billg@microsoft.com. Apabila kita mengirimkan email kepada pendiri Microsoft ini memiliki kemungkinan untuk dibalas.

Sedangkan mendiang Steve Jobs sebagai pendiri Apple memiliki kebiasaan membalas email melalui asistennya. Di alamat steve@apple.com ia membalas pesan para pengguna biasa hingga klien, bahkan kadang ia sendiri yang langsung membalas.

Ketahui berbagai fakta menarik dan menRik lainnya dari email di halaman selanjutnya.