Find Us On Social Media :

Keuntungan Memang Diperlukan, Tapi Jangan Lupakan Untuk Menikmati Hidup

By Mentari Desiani Pramudita, Jumat, 23 Desember 2016 | 20:04 WIB

Keuntungan Memang Diperlukan, Tapi Jangan Lupakan Untuk Menikmati Hidup.

Intisari-Online.com- Tiga orang petani duduk berdampingan. Mereka berkumpul untuk saling mengevaluasi dan berbagi pengalaman tentang hasil tahun lalu.

Petani pertama mengatakan jika tahun lalu sangat sulit. “Tahun lalu sangat sulit. Aku tidak tahu apa tahun ini akan jauh lebih buruk apa tidak. Aku hanya mendapat 1% keuntungan saja,” kata petani pertama.

Ucapan petani petani dibenarkan oleh petani kedua. “Kau benar. Aku telah bekerja keras. Dari matahari terbit sampai matahari tenggelam namun hanya 1% persen yang aku dapatkan,” keluh petani kedua.

Sementara petani ketiga hanya terdiam. Karena merasa temannya tidak berbicara, kedua petani itu itu bertanya kepada petani ketiga.

“Berapa banyak keuntunganmu?” tanya petani pertama dan petani kedua kepada petani ketiga.

Si petani ketiga tersenyum ramah. “Dengan segala hormat kepada teman-temanku, aku memperoleh keuntungan 5% selama tahun lalu,” jawab petani ketiga tenang.

Ternyata jawaban petani ketiga membuat kaget kedua temannya. Mereka tidak percaya jika keuntungan petani ketiga lebih besar daripada punya mereka.

“Mengapa? Bagaimana kau bisa mendapatkan keuntungan sebesar 5%?” tanya petani pertama.

“Itu tidak mungkin! Kau bekerja sama dengan kami. Bagaimana bisa kau melakukannya?” tanya petani kedua.

Dengan tenang, petani ketiga menjawab, “Itu sangat mudah. Perhitungannya juga sederhana.”

“Saya juga mendapatkan keuntungan 1%, sama dengan yang kalian berdua dapatkan. Tambahan 4% itu adalah anugerah yang luar biasa yang saya dapatkan dari pemandangan indah ladang pertanian saya. Lalu saya juga bisa meminum susu hasil perahan saya sendiri, dan terakhir saya menikmati secara gratis sebagian besar hasil kebun saya,” jawab petani ketiga.

Kita memang harus bekerja keras untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Tetapi jangan lupakan juga untuk menikmati hidup dan menikmati pekerjaan kita.