Find Us On Social Media :

Keren! Google Maps Sediakan Fitur untuk Penyandang Disabilitas

By Esra Dopita M Sidauruk, Kamis, 22 Desember 2016 | 14:30 WIB

Google Maps Sediakan Fitur untuk Penyandang Disabilitas

Intisari-Online.com - Semakin hari kepedulian terhadap penyadang disabilitas dalam mengakses kebutuhan publik mulai diperhitungkan. Seperti yang dilakukan oleh Google Maps. Memperingati hari Disabilitas Internasional, yang jatuh pada 3 Desember lalu, Google Maps, aplikasi peta pencarian lokasi itu, melakukan pembaruan fitur demi semakin memudahkan para penggunanya, khususnya penyandang disabilitas.

(Ternyata Google Maps Bisa Menunjukkan Letak Toilet Terdekat dan Terbersih)

Dilansir dalam laman Metro.co.uk, aplikasi milik Google itu, menghadirkan fitur terbaru yang dapat menampilkan tempat atau lokasi, seperti restoran yang dapat diakses oleh penyandang disabilitas atau pengguna kursi roda.

Seperti diketahui, selama ini, Google Maps lebih populer untuk mencari arah dan lokasi, terlebih pada mereka yang normal. Dengan adanya, fitur baru tersebut, diharapkan dapat membuka dunia baru bagi penyandang disabilitas.

(Tak Hanya Luar Ruangan, Kini Google Maps Juga Bisa Mencari Jalan di Dalam Ruangan)

Tak hanya itu, fitur baru ini juga memungkinkan pengguna untuk mengklik front toko dan tempat umum lainnya untuk mengetahui apakah fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas.

Penyadang disabilitas yang telah menggunakan juga bisa menjadi 'pemandu lokal' dan menambahkan pengalaman mereka sendiri. Fitur yang dikembangkan oleh Rio Akasaka, Manajer Produk Google Drive, menghabiskan sekitar satu tahun untuk merampungkan pedoman aksesibilitas maps.

(Kini Google Maps Tak Hanya Menunjukkan Jalan, Tapi Juga Menginformasikan Jam Buka Suatu Restoran)

Sayangnya, layanan ini baru hanya tersedia di Amerika Serikat dan masih membutuhkan peningkatan lebih lanjut. Pasalnya, fitur tersebut masih berdasarkan masukan dari pengguna.

Semoga ke depannya, fitur semakin baik dan bisa nikmati oleh seluruh penyandang disabilitas di dunia, termasuk Indonesia.