Find Us On Social Media :

Aktivitas Gunung Agung Meningkat, Bandara Ngurah Rai Bali Ditutup Sementara

By Mentari DP, Jumat, 29 Juni 2018 | 12:55 WIB

Intisari-Online.com - Komunitas Bandara I Gusti Ngurah Rai menggelar rapat bersama membahas kondisi terkini aktivitas Gunung Agung, Jumat (29/6/2018) dini hari.

Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Bali Nusra, Herson di Ruang Jepun Gedung Wisti Sabha Angkasa Pura I.

"Ploting VAAC Darwin memprediksi terjadi sebaran (abu vulkanik) ke atas permukaan dengan ketinggian 23.000 kaki yang mempunyai kecepatan 10 Knot, sudah menutupi ruang udara Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai-Bali,” ungkap Herson.

“Sehingga kami putuskan menutup sementara operasional Bandara.”

Herson menambahkan operasional bandara ditutup sekira 16 jam dari mulai pukul 03.00 WITA hingga 19.00 WITA nanti malam.

Baca juga: Mau Gunakan WhatsApp Sambil Browsing? Begini Cara Jalankan 2 Aplikasi Sekaligus di Ponsel Xioami

Selain dari ploting VAAC Darwin, dari record Pilot Report pada ketinggian 15.000-23.000 kaki masih ditemui adanya Vulcanic ash diruang udara dengan arah angin cenderung ke arah barat dan barat daya.

Namun sampai dengan pukul 00.38 WITA, Hasil Aerodrome Observation dalam bentuk Paper test menunjukkan NIL adanya Vulcanic Ash di Area Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Evaluasi atas perkembangan situasi penyebarann Vulcanic Ash dan Arah angin akan tetap dievaluasi secara berkala.

Sebelumnya, pada Kamis (29/6/2018) malam, beberapa maskapai memilih membatalkan penerbangannya dari dan menuju Bali.

Paling tidak ada 48 penerbangan domestik dan internasional yang dibatalkan sebelum pihak otoritas Bandara Ngurah Rai memutuskan menutup bandara.

Dan menurut laporan Jurnalis KompasTV I Wayan Hobiana yang saat ini berada di pos pantau PVMBG Karangasem, meningkat aktivitas Gunung Agung terjadi sejak Kamis (28/9) malam.

Lalu dalam 6 jam Gunung Agung mengalami 30 kali gempa tremor. (Willem Jonata)

(Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Bandara I Gusti Ngurah Rai Ditutup Akibat Peningkatan Aktivitas Gunung Agung”)

Baca juga: Segera Tukarkan 4 Uang Kertas Ini, Sebab Ia idak Akan Berlaku Lagi di Tahun 2019