Find Us On Social Media :

Misteri 86 Menit dalam Sepak Bola Menurut Jusuf Kalla

By Hery Prasetyo, Minggu, 18 Desember 2016 | 09:30 WIB

Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Intisari-Online.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla memiliki komentar analistis soal kekalahan Indonesia dari Thailand di final Piala AFF 2016, Sabtu (17/12/2016). Menurutnya, ada misteri 86 menit dalam sepak bola yang juga harus dipecahkan.

Kalla mengaku sulit untuk menjawab ketika ditanya bagaimana langkah yang tepat supaya ke depannya timnas Indonesia bisa menjadi juara di berbagai ajang internasional.

Kalla menjelaskan, dalam sepak bola, seorang pemain tidak hanya dituntut mempunyai skill bermain yang baik, tapi juga kemampuan berpikir dan menganalisis permainan. Kemampuan tersebut tentunya harus dilatih sejak dini.

"Sepak bola itu olahraga yang lama permainannya 90 menit, dimainkan oleh 22 orang. Jadi, rata-rata tiap orang bermain hanya 4 menit pegang bola, 86 menit sisanya ke mana? Lari sambil berpikir," kata Kalla di rumah dinasnya, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (17/12/2016).

"Persoalannya sekarang di mana anak-anak itu bisa lari sambil berpikir. Sekarang ini di kota-kota tidak ada lapangan. Dulu di kampung ada banyak lahan. Itu masalah utama kita," kata Kalla.

Dia melihat ada satu masalah yang dihadapi saat ini, yakni kurangnya lahan yang bisa digunakan oleh anak-anak untuk bermain bola.

"Itu satu pertanyaan yang tidak bisa dijawab karena sudah menjadi pertanyaan puluhan tahun tentang persepakbolaan kita," ujar Kalla.