Find Us On Social Media :

Monyet Sebenarnya Mampu Berbicara Bila Otak Mereka Berevolusi dengan Lebih Baik

By Lila Nathania, Sabtu, 17 Desember 2016 | 09:02 WIB

Anatomi monyet mendukung mereka untuk berbicara

Intisari-Online.com - Anda mungkin pernah bertanya-tanya, dengan segala kemiripan manusia dengan spesies primata, bisakah monyet berbicara? Para peneliti rupanya telah menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut.

(Hanya Monyet Yang Memegang Erat )

Dulu, ilmuwan menganggap monyet tak bisa bicara karena anatomi tubuhnya. Namun, sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa hal ini lebih dipengaruhi oleh otak, bukan mulut mereka. Ilmuwan sudah melakukan eksperimen pada monyet macaque dan mereka melihat bahwa secara anatomis, mereka sebenarnya mampu untuk berbicara.

Tim ilmuwan internasional ini melihat kemampuan bicara monyet macaque menggunakan video x-ray. Mereka melihat pergerakan bibir, lidah, dan laring ketika digunakan untuk mengeluarkan suara. Data ini kemudian dikumpulkan dan disimulasikan oleh peneliti.

(Aliran Listrik Seluruh Kenya Padam Gara-gara Seekor Monyet)

Hasil temuan menunjukkan bahwa monyet macaque memiliki kemampuan vokal yang memadai untuk berbicara. Anatomi mereka bisa mengeluarkan suara huruf vokal, konsonan, bahkan mengatakan kalimat yang lengkap. Nyatanya, dengan menggunakan program simulasi, ilmuwan berhasil membuat monyet macaque mengatakan satu kalimat lengkap.

Asif Ghazanfar, salah satu peneliti dari Princeton University, menegaskan bahwa sekarang orang tidak bisa berkata bahwa monyet tak bisa bicara karena anatomi tubuhnya. Menurutnya, hasil penelitian ini telah membawa kita menuju pertanyaan lanjutan yaitu, "Apa yang membuat otak manusia begitu spesial dibandingkan otak spesial lain?"