Find Us On Social Media :

Sebuah Kota Kuno Ditemukan Dalam Tanah di Yunani

By Lila Nathania, Sabtu, 17 Desember 2016 | 15:02 WIB

Reruntuhan kota kuno yang terlihat dari udara

Intisari-Online.com - Sebuah kota kuno yang tersembunyi dalam tanah baru saja ditemukan di Yunani, tepatnya sekitar 300 meter dari Kota Athena. Kota kuno ini diperkirakan usianya sekitar 2.500 tahun seluruhnya terpendam dalam tanah hingga selama ini belum pernah diketahui.

(Cara Unik Pesepakbola Yunani Menunjukkan Solidaritas Mereka untuk Para Pengungsi Suriah)

Kota terpendam ini baru diketahui saat peneliti sedang mengobservasi daerah pedesaan Vlochos di Bukit Strongilovouni dari udara. Mereka melihat sisa-sisa reruntuhan gedung, tembok, dan pagar kota yang dipercaya milik sebuah kota kuno. Sebelumnya, kota ini sama sekali tidak diketahui karena belum pernah ditemukan adanya barang peninggalan apapun di atas tanah.

(Para Arkeolog Berhasil Menggali Kuburan Prajurit Zaman Perunggu di Yunani)

Setelah meneliti kota ini dengan lebih seksama, peneliti yakin mereka memang telah menemukan reruntuhan kota kuno. Menurut mereka, kota ini luasnya sekitar 40 hektar. Tim arkeolog juga sudah menemukan benda-benda tanah liat kuno serta koin yang bisa digunakan untuk memperkirakan usia kota tersebut. Salah satu temuan tertua yang ditemukan berusia sekitar 500 SM.

(Wow, Penduduk Pulau di Yunani Ini akan Dinominasikan untuk Hadiah Nobel Perdamaian)

Menurut para arkeolog, kota ini berada pada masa kejayaannya pada era sekitar abad ke tiga atau empat sebelum masehi. Setelah itu, kota ini mulai ditinggalkan. Dugaannya adalah kota ini ditinggalkan karena orang-orang Roma menguasai daerah tersebut. Cara peneliti untuk menggali informasi darikota terpendam ini adalah menggunakan radar. Mereka mencoba untuk tidak merusak apapun yang terpendam di dalam tanah itu.