Find Us On Social Media :

Baret TNI Diperoleh Melalui Perjuangan Mati-matian: Baret yang Miring ke Kanan atau Kiri Ternyata Ada Maknanya Lho

By Agustinus Winardi, Selasa, 26 Juni 2018 | 18:00 WIB

Intisari-Online.com - Satuan-satuan tentara di seluruh dunia seperti TNI memiliki baret tersendiri untuk menandakan asal satuan.

Selain itu, pemakaian baret sendiri bisa menunjukkan kualifikasi pasukan yang bersangkutan.

Misalnya, pasukan terjun payung Inggris Parachute Regiment yang populer berkat kemampuannya bertempur di berbagai medan perang dikenal pula sebagai pasukan Setan Merah (Red Devil).

Sebutan Setan Merah itu berasal dari baret berwarna merah yang dikenakan setiap personel Parachute Regiment.

Warna merah baret Parachute Regiment melambangkan keberanian dan kemudian banyak menginspirasi pemakaian baret berwarna serupa di satuan-satuan militer dunia termasuk Indonesia.

Satuan pendiri Kopassus Mayor Idjon Djanbi, yang latar belakangnya merupakan veteran pasukan payung Belanda dan pernah bergabung dengan pasukan payung Sekutu 82nd Airborne Division dalam PD II, mengenakan baret merah.

Baca juga: Kisah Unik Awal Mula Pembentukan Kopaska, Pasukan Khusus TNI AL yang Disegani Dunia

Dengan latar belakang itu maka setelah dibentuk, Kopassus yang juga merupakan pasukan yang memiliki kualifikasi airborne (terjun payung) secara resmi mengenakan baret merah sebagai ciri khas satuannya.

Namun, seiring berkembangnya jumlah satuan-satuan di lingkungan TNI dan Polri pemakaian baret diupayakan memiliki warna khas masing-masing meskipun ada juga satuan yang memiliki warna baret yang sama atau mirip dengan satuan lainnya.

Misalnya, selain Kopassus, pasukan Kopaska dan Penerbangan Angkatan Udara TNI AD juga mengenakan baret warna merah.

Pemakian warna baret yang berwarna mirip atau bahkan sama itu sebenarnya bisa memunculkan protes dari satuan lainnya yang lebih dahulu memakai baret berwarna tertentu.

Tapi ‘konflik warna baret’ itu biasanya bisa diselesaikan setelah Mabes TNI turun tangan.

Baca juga: TNI AU, Kekuatan Udara RI yang dari Sejarahnya Justru Dibesarkan oleh Negara yang Pernah Menjajah Indonesia