Find Us On Social Media :

Pada 2026, Kita Dapat Berkunjung ke Bulan dengan Harga Ratusan Juta Rupiah

By Bramantyo Indirawan, Rabu, 14 Desember 2016 | 16:32 WIB

Moon Express adalah perusahaan yang mengatakan dapat membawa manusia ke permukaan bulan dengan Rp130 juta di tahun 2026

Intisari-Online.com – Apakah Anda berkeinginan untuk ke luar angkasa bahkan menginjakkan kaki di bulan? Layaknya astronot dan penjelajah antariksa, kita bisa melakukan hal ini kira-kir sepuluh tahun kedepan. Waktu yang tidak terlalu lama bukan? Tapi siapkan uang lebih karena perjalanan ke bulan tentunya tidak murah.

Moon Express menjadi perusahaan swasta yang berhasil mendapatkan ijin oleh pemerintahan Amerika Serikat untuk mendarat di bulan. Pada 1 Desember 2016, Naveen Jain sebagai penemu perusahaan antariksa ini mengatakan bahwa perjalanan ke bulan dapat dilakukan dalam satu dekade ke depan.

(Kesaksian Astronot Pertama China ketika Berada di Luar Angkasa)

Perusahaan yang menggeluti bidang ekplorasi antariksa ini tercipta akibat kompetisi internasional bernama Google Lunar Xprize. Ajang ini menawarkan AS$30 juta (sekitar) bagi pihak yang berhasil mendarat di permukaan bulan tanpa kerusakan serius.

Pada tahun 2017 mereka berencana untuk mengirimkan kendaraan beroda yang digerakkan oleh robot. Hal ini dilakukan sebagai survei dalam pencarian tempat-tempat terbaik untuk menambang baja, bes, karbon, nitrogen, hidrogen, mineral bumi yang langka, dan helium-3.

(Bintang Tabby, Salah Satu Objek Paling Rumit dan Misterius yang Pernah Ditemukan di Luar Angkasa)

Tetapi hal yang menjadi sorotan tentunya adalah rencana mereka untuk mengirimkan manusia ke luar angkasa. Hal ini tentunya bukan hal yang baru, sebut saja Virgin Galactic yang telah berencana untuk mengirmkan manusia ke luar angkasa dengan harga sekitar Rp3,3 miliar. Harga ini dianggap mahal dan sulit sekali untuk dijangkau.

Pasar untuk turisme angkasa seakan muncul walaupun kebanyakan masih berupa rencana-rencana. Jain mengatakan bahwa melancong ke bulan dapat menjadi lebih murah hingga ribuan dolar AS atau ratusan juta rupiah karena minat yang muncul dari masyarakat.

(Suara Misterius di Ruang Angkasa Ini Kejutkan Astronot China)

“Dalam sebuah misi, biaya yang digunakan sekitar AS$25 bilyun sedangkan tahun depan kira-kira kita hanya butuh biaya sekitar AS$7 juta dan terus menurun di tahun-tahun berikutnya,” tambah Jain. Ia juga mengatakan bahwa 10 tahun kedepan kita bisa ke bulan dengan penurunan harga hingga AS$10.000 (sekitar Rp130 juta).

Waktu ke bulan pun akan dipercepat. Moon Express memperkirakan perjalanan dari Bumi ke satelitnya hanya memakan waktu 4 jam. Lebih cepat daripada pergi dari Jakarta ke Jayapura! Anda tertarik? Menabunglah karena 10 tahun lagi kita bisa melancong ke bulan.