Find Us On Social Media :

Maybank Foundation dan Mercy Malaysia Membantu Korban Gempa Aceh

By Agus Surono, Rabu, 14 Desember 2016 | 13:03 WIB

Bantuan dari Maybank Foundation untuk korban gempa di Pidie Jaya, Aceh.

Intisari-Online.com - Bekerja sama dengan MERCY Malaysia, Maybank Indonesia melalui kantor cabang Aceh, menerjunkan tim untuk membantu korban gempa Aceh di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Tim relawan Maybank Indonesia dipimpin oleh Manajer Cabang Maybank Banda Aceh, Kho Tion Chu. Sementara MERCY Malaysia mengerahkan empat anggotanya dari Medan dan Banda Aceh.

Setelah melakukan analisis, MERCY berkesimpulan bahwa kebutuhan pokok yang mendesak adalah penyediaan peralatan kebersihan dan kesehatan keluarga bagi para korban gempa bumi yang tinggal di tenda-tenda sebagai pengungsi (Internally Displace Persons–IDP). 

Sebagai bantuan tanggap darurat tahap pertama, paket peralatan kebersihan dan kesehatan keluarga yang dibeli dari toko-toko di area Sigli, segera didistribusikan kepada para pengungsi. Melalui Maybank Foundation, Maybank Indonesia mendanai pembelian paket peralatan kebersihan dan kesehatan tersebut untuk 426 kepala keluarga yang berada di tiga pusat evakuasi, masing-masing Desa Gampong Raya (281 keluarga), Desa Dee (110 keluarga) dan Desa Matang (35 keluarga).

Dalam pemberian donasi ini, Maybank Foundation telah mengalokasikan dana sebesar RM250.000 atau sebesar Rp750 juta untuk bantuan tanggap darurat dan untuk kegiatan rehabilitasi, termasuk pembangunan kembali fasilitas umum kesehatan dan sosial bagi para korban gempa bumi.

“Pemberian bantuan tanggap darurat ini sejalan dengan misi kami yaitu humanising financial services, di mana kami selalu berada dan melayani masyarakat di mana kami beroperasi termasuk membantu masyarakat yang merasakan bencana gempa bumi di Aceh,” kata Presiden Direktur Maybank Indonesia, Taswin Zakaria. 

“Kami berharap bantuan yang diberikan oleh Maybank ini dapat meringankan beban para korban gempa bumi di Aceh pada 7 Desember yang saat ini berada di pengungsian dan dalam kondisi darurat”, tambah Taswin. 

Maybank Foundation secara aktif terlibat dalam penyediaan bantuan bagi mereka yang memerlukan bantuan dalam keadaan darurat, membangun kembali fasilitas umum yang rusak, serta melalukan program kegiatan untuk mengurangi risiko bencana alam. 

Dalam beberapa tahun ini, Maybank Foundation telah memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak meletusnya Gunung Sinabung di Sumatra Utara, masyarakat di Filipina yang merasakan supertyphoons, dan masyarakat di Malaysia yang terkena banjir. Maybank Foundation hadir untuk memberikan dampak positif pada masyarakat tempat Maybank Group beroperasi.