Find Us On Social Media :

Kenapa Pria Harus Memeriksa Testis Setiap Bulan!

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 13 Desember 2016 | 18:21 WIB

Periksalah testis Anda setiap bulan

Intisari-Online.com – Menemukan benjolan di testis adalah salah satu hal yang paling menakutkan bagi seorang pria. Tetapi apakah benjolan tersebut benar-benar kanker testis, diagnosis awal bisa menyelamatkan hidup Anda.

Kanker testis adalah salah satu bentuk kanker yang dapat disembuhkan, tetapi kemungkinan bisa menyebar sebelum didiagnosis. Seperti, 99 persen pria dengan kanker testis, yang belum menyebar dari testis, bisa bertahan lebih dari lima tahun. Tetapi menurun hingga 74 persen setelah menyebar ke organ lain. Demikian menurut data dari National Cancer Institute’s Surveillance, Epidemiology, and End Results Program (SEER).

(Baca juga: Menurut Sejarawan, Selain Hanya Punya Satu Testis Hitler Juga Idap Masalah Mikropenis)

Saat ini, Preventive Task Force AS menyarankan untuk melakukan tes pada testis secara mandiri dengan rutin. Tetapi tidak perlu stres saat melakukan tes mandiri dengan mencari-cari yang dianggap berbahaya, padahal tidak ada.

Ada kemungkinan bagian yang menonjol itu anatomi dari testis Anda, korda spermatika atau epididimis, tabung yang menghubungkan testis ke vas deferens yang bergelombang ketika Anda panik. Tetapi itu normal-normal saja, jelas Tobias Kohler, MD, juru bicara perhimpunan dokter urolog di Southern Illinois University School of Medicine.

Pada kunjungan berikutnya ke dokter, mintalah pada dokter untuk menunjukkan pada Anda, sehingga Anda tahu apa yang dirasakan. Nah, setelah ini Anda menangkap setiap perubahan yang berpotensi menjadi masalah pada testis Anda.

Tempat terbaik untuk mengetes testis Anda adalah di bawah shower. Ini karena saat ini skrotum Anda santai dan akan lebih mudah untuk merasakan kelainan. Mulailah dari bagian atas testis kiri. Pegang antara ibu jari dan jari-jari kedua tangan, lalu dengan lembut di antara jari-jari bergeraklah ke bawah. Ulangi di sisi kanan.

(Baca juga: Auman Monyet Howler Salah Satu yang Paling Keras di Dunia, Bertolak Belakang dengan Ukuran Testisnya)

Rasakan untuk setiap benjolan keras, benjolan halus atau bulat, atau perubahan yang tidak biasa dalam ukuran, bentuk, dan konsistensi testis Anda. Anda mungkin tidak bisa merasakan massa itu sendiri, tetapi bisa membuat testis Anda merasa sangat kuat.

Bisa saja Anda menemukan sesuatu  yang aneh, tetapi belum tentu bahwa itu adalah kanker testis. Misalnya saja testis Anda seperti cacing besar, itu mungkin saja varikokel, atau pembuluh darah yang membesar di testis Anda.

Anda juga bisa menemukan benjolan  yang tidak berbahaya yang hanya kista atau hasil dari torsi testis, yang merupakan kondisi yang menyakitkan ketika testis memutar dan membengkak.

Untuk mengetahui dengan pasti, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Apalagi jika merasakan benjolan yang terasa berbeda tiba-tiba muncul dan membuat Anda khawatir, sebaiknya memang berkonsultasi dengan dokter.