Find Us On Social Media :

Tumor Ini Ditemukan pada Fosil Berusia 225 Juta Tahun

By Lila Nathania, Rabu, 14 Desember 2016 | 07:01 WIB

Tumor ini sudah berusia 225 juta tahun

Intisari-Online.com – Peneliti telah menemukan bukti adanya tumor sejak jutaan tahun silam. Tumor ini ditemukan bersarang pada tulang rahang makhluk purbakala yang hidup lebih dari 200 juta tahun silam. Fosil ini sendiri adalah spesies hewan gorgonopsian, hewan yang dulunya merupakan salah satu predator dominan di bumi.

(Baca juga: Inilah Fosil Ekor Dinosaurus Pertama yang Ditemukan Masih Memiliki Bulu)

Para ilmuwan pertama kali menyadari adanya tumor ini saat melihat bagian gigi dari fosil. Mereka melihat bahwa bagian dasar satu gigi terdapat bagian aneh yang seperti struktur gigi. Peneliti kemudian berhasi lmengidentifikasi bagian itu sebagai odontoma, jenis tumor yang tidak ganas dan sering ditemukan juga pada mamalia masa kini. Lucunya, 225 juta tahun yang lalu spesies mamalia sendiri bahkan belum ada karena belum berevolusi.

Penemuan ini menjadi contoh tertua dari odontoma serta kasus odontoma pertama yang ditemukan pada hewan non-mamalia. Gosgonopsians sendiri sering disebut oleh para peneliti sebagai reptil yang seperti mamalia. Mengapa? Sebab meski memiliki anggota-anggota tubuh yang seperti mamalia, mereka hidup sebelum era di mana hewan menjadi sepenuhnya mamalia.

(Baca juga: Ilmuwan Berhasil Temukan Fosil Pertama Otak Dinosaurus yang Terawetkan dengan Baik)

Gosgonopsians sendiri merupakan predator yang aktif dan hidup di periode Permian. Ia adalah salah satu jenis hewan yang paling ditakuti pada masa itu. Dengan ditemukannya odontoma pada gosgonopsian ini peneliti bisa melihat asal-usul dari penyakit-penyakit modern yang masih ada hingga hari ini.