Find Us On Social Media :

Lima Tips Agar Tidak Stres Saat Melakukan Perjalanan Bisnis

By Lintang Bestari, Selasa, 13 Desember 2016 | 13:30 WIB

Perjalanan bisnis bisa melelahkan dan membuat stres

Intisari-Online.Com – Perjalanan bisnis tidak selalu menyenangkan, apalagi jika perginya sangat sering dalam jangka waktu yang berdekatan. Rekan kerja pasti membutuhkan kita di kantor dalam kurun waktu tersebut. Perubahan cuaca, kurang tidur, dan makan sembarangan mengganggu rutinitas kita dan hasilnya menurunkan kualitas kesehatan. Berikut ada lima tips agar tidak terlalu stres saat melakukan perjalanan bisnis:

Membawa camilan sehat

Jika memungkinkan, konsumsi makanan sehat sebelum naik pesawat. Makanan di penerbangan mungkin kurang sehat dan membuat sakit perut. Jika tidak memiliki waktu untuk makan sebelum terbang, bawa camilan sehat di tas. Ketika sampai di tempat tujuan dan kita belum mengenal kota tersebut sehingga tidak mengetahui restoran yang enak dan sehat, kita bisa mengganjal perut dengan camilan tersebut. Jangan lupa untuk konsumsi vitamin juga jika perlu.

(Baca juga: Banyak Serangan Teroris, Perjalanan Bisnis Jadi Membahayakan?)

Bergabung dengan “program loyalitas”

Bergabung dengan “program loyalitas” yang biasanya dilakukan maskapai penerbangan, jasa perjalanan atau hotel. Gunakan poin kita untuk meningkatkan pelayanan. Misalnya, mendapat kamar hotel yang lebih besar. Program ini juga bisa memberikan kita hak istimewa seperti mengubah jam penerbangan.

Jangan bawa koper

Saat melakukan perjalanan bisnis, sebaiknya jangan membawa koper. Bawa dua tas kecil yang bisa langsung dibawa. Hal ini bisa menghemat waktu kita saat sampai di tempat tujuan. Jadi, tidak perlu menunggu dan mengecek koper. Dengan membawa tas tangan juga mengurangi risiko kehilangan barang kita karena bisa membawanya ke kabin. Jika memang harus membawa koper, sediakan baju ganti di tas kecil sehingga memiliki cadangan jika koper hilang.  

Isi daya alat-alat elektronik

Isi daya semua gadget kita sebelum terbang. Bawa pula charge-nya sehingga bisa selalu siap isi daya di mana pun jika kehabisan baterai. Setelah sampai tempat tujuan, bisa saja kita langsung meeting dan membutuhkan laptop untuk mengerjakan laporan. Kita juga membutuhkan GPS di telepon genggam untuk mengeksplor tempat tujuan. Jadi, jangan sampai alat-alat tersebut mati karena kita ceroboh tidak mengisi daya sebelum berangkat.

(Baca juga: Tips Bekerja Efektif dalam Perjalanan Bisnis)

Rileks dan nikmati waktu

Jika bisa, jangan duduk bersama rekan kerja di pesawat sehingga bisa menghindari perbincangan tentang pekerjaan. Duduk tenang lalu dengarkan musik atau sekedar tidur siang. Gunakan waktu di pesawat untuk mengumpulkan tenaga agar segar ketika sampai di tempat tujuan. Karena kita sedang berada di tempat baru, jangan lupa untuk berjalan-jalan di sekitar sana jika memiliki waktu luang.

Itulah lima tips agar tidak terlalu stres saat melakukan perjalanan bisnis: Semoga perjalanan Anda jadi lebih menyenangkan!