Find Us On Social Media :

Ini Dia Lima Hal yang Tidak Seharusnya Dibahas di Tempat Kerja

By Monalisa Darwin D, Rabu, 14 Desember 2016 | 09:04 WIB

Pembahasan di tempat kerja

Intisari-Online.com - Ada beberapa percakapan yang tidak termasuk dalam konteks pembahasan di tempat kerja. Topik-topik tertentu justru akan membuat situasi menjadi aneh bahkan tidak menyenangkan. Topik yang masih aman untuk dibicarakan dengan rekan kerja di luar urusan pekerjaan adalah film, music, dan makanan. Dan, ini dia lima hal yang tidak seharusnya dibahas di tempat kerja yang perlu diketahui:

1. Agama

Hindarilah diskusi terkait agama, termasuk menceritakan keyakinan agama kita dan jangan sampai berdebat tentang keyakinan agama orang lain. Agama berkaitan dengan iman dan ini merupakan hal yang sangat bersifat pribadi dan sensitif. Ini tidak berarti kita harus menyembunyikan agama atau tidak bangga, namun harus disadari bahwa semua orang memiilki keyakinannya yang berbeda.

(Baca juga: Pria atau Wanita, Siapa yang Paling Rentan Selingkuh dengan Teman Kerja di Kantor?)

2. Politik

Urusan politik juga menjadi pembahasan yang sensitif bagi banyak orang. Hindarilah percakapan panjang terkait politik di tempat kerja. Sama seperti agama, setiap orang memiliki pandangan serta dukungan politik yang berbeda-beda. Dan, jangan memaksa seseorang untuk sama seperti kita mendukung salah satu partai atau anggota politik.

3. Kehidupan seksual

Kehidupan seksual benar-benar tidak cocok untuk dibahas di lingkungan kerja. Rekan kerja akan merasa tidak nyaman dan membuat canggung. Selain itu juga, sebagian orang akan beranggapan bahwa kita tergila-gila dengan seks, sehingga menilai buruk tentang kita terkait seksual.

(Baca juga: Malas Berbicara Soal Kantor, Mungkin Kita Salah Pilih Pekerjaan)

4. Masalah keluarga

Ketika memiliki masalah dengan keluarga atau pasangan, sebaiknya berceritalah pada sahabat terdekat atau terapis terkait dan di luar dari lingkungan kerja. Membicarakan masalah keluarga kepada rekan kerja atau atasan hanya akan membuat mereka berpikiran bahwa kita sedang mengalihkan perhatian untuk tidak bekerja. Dengan ini juga akan menimbulkan gosip tentang kita di lingkungan kantor yang tidak diinginkan.

5. Kenaikan jabatan

Hal yang tidak seharusnya dibahas di tempat kerja yang terakhir adalah tentang jabatan. Tidak perlu membicarakan tentang diri sendiri terkait pekerjaan dengan harapan mendapat kenaikan jabatan atau gaji. Biarkan atasan serta rekan-rekan kita yang menilai tanpa kita membuat isu serta berdiskusi mengenai jabatan, posisi, dan gaji. (thebalance.com)